Latest Updates

Kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan), dan persaudaraan (ukhuwah).



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )

Sekolah                      : SMK PANCA BHAKTI BANJARNEGARA
Mata pelajaran            : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester           : X/ Ganjil
Topik                          : Kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik
              (husnuzzhan), dan persaudaraan (ukhuwah).
             Materi Pokok              : Q.S. Al-Anfal (8) :72 ,Q.S. Al-Hujurut (49) : 10 dan 12.
Alokasi Waktu           : 4 x 3 Jam Pelajaran
             Jumlah Pertemuan      : 4 x Pertemuan


A.                Kompetensi Inti (KI)
KI 1:
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2:
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3:
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.                Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi:
2.3
Menunjukkan perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan), dan persaudaraan (ukhuwah) sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. al-Anfal (8): 72; Q.S. al-Hujurat (49): 12 dan Q.S. al-Hujurat (49): 10 serta hadits terkait.

2.3.1   Membiasakan perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan), dan persaudaraan (ukhuwah) sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. al-Anfal (8): 72; Q.S. al-Hujurat (49): 12 dan Q.S. al-Hujurat (49): 10 serta hadits terkait.
3.1
Menganalisis  Q.S. al-Anfal (8): 72; Q.S. al-Hujurat (49): 12; dan QS.  al-Hujurat (49): 10; serta hadis tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan), dan persaudaraan (ukhuwah).

3.1.1   Menentukan bacaan tajwid pada Q.S. al-Anfal (8): 72; Q.S. al-Hujurat (49): 12 dan Q.S. al-Hujurat (49): 10 (C3)
3.1.2   Mengartikan kata atau kalimat pada Q.S. al-Anfal (8): 72; Q.S. al-Hujurat (49): 12 dan Q.S. al-Hujurat (49): 10 serta hadis terkait (C1)
3.1.3   Menjelaskan asbabun nuzul Q.S. al-Anfal (8): 72; Q.S. al-Hujurat (49): 12 dan Q.S. al-Hujurat (49): 10 serta hadis terkait (C2)
3.1.4   Menyimpulkan isi kandungan Q.S. al-Anfal (8): 72; Q.S. al-Hujurat (49): 12 dan Q.S. al-Hujurat (49): 10 serta hadis terkait (C4)
3.1.5   Merumuskan pesan-pesan yang terkandung dalam  Q.S. al-Anfal (8): 72; Q.S. al-Hujurat (49): 12 dan Q.S. al-Hujurat (49): 10 serta hadis terkait  (C5)
3.2
Memahami manfaat dan hikmah kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan) dan persaudaraan (ukhuwah), dan menerapkannya dalam kehidupan.

3.2.1   Menjelaskan manfaat dari perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan), dan persaudaraan (ukhuwah) serta hadis terkait (C2)
4.1.1
Membaca Q.S. al-Anfal (8): 72; Q.S. al-Hujurat (49): 12; dan Q.S. al-Hujurat (49): 10 sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf.

4.1.1.1  Melafalkan bacaan Q.S. al-Anfal (8): 72; Q.S. al-Hujurat (49): 12; dan Q.S. al-Hujurat (49): 10 sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf (P2)
4.1.1.2  Menulis Q.S. al-Anfal (8): 72; Q.S. al-Hujurat (49): 12; dan Q.S. al-Hujurat (49): 10 dengan khat sederhana (P3)
4.1.2
Mendemonstrasikan hafalan Q.S. al-Anfal (8): 72; Q.S. al-Hujurat (49): 12; QS al-Hujurat (49): 10, dengan lancar.

4.1.2.1  Mendemonstrasikan hafalan Q.S. al-Anfal (8): 72; Q.S. al-Hujurat (49): 12; dan Q.S. al-Hujurat (49): 10 serta hadis terkait dengan benar (P2)
C.                Materi Pembelajaran

1.         Teks AyatQ.S. al-Anfal (8) : 72 dan hadis terkait
Artinya: “Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan berhijrah serta berjihad dengan harta dan jiwanya pada jalan Allah dan orang-orang yang memberikan tempat kediaman dan pertoIongan (kepada orang-orang muhajirin), mereka itu satu sama lain lindung-melindungi dan (terhadap) orang-orang yang beriman, tetapi belum berhijrah, Maka tidak ada kewajiban sedikitpun atasmu melindungi mereka, sebelum mereka berhijrah. (akan tetapi) jika mereka meminta pertolongan kepadamu dalam (urusan pembelaan) agama, Maka kamu wajib memberikan pertolongan kecuali terhadap kaum yang telah ada Perjanjian antara kamu dengan mereka. dan Allah Maha melihat apa yang kamu kerjakan.” (Q.S. al-Anfal (8): 72)

Artinya: “Orang yang perkasa bukanlah orang yang menang dalam perkelahian, tetapi orang yang perkasa adalah orang yang mengendalikan dirinya ketika marah.”(H.R. Bukhari dan Muslim).

2.         Teks Ayat Q.S. al-Hujurat (49): 12 dan hadis terkait
Artinya: “Wahai orang-orang yang beriman! Jauhilah banyak dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu dosa dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain dan janganlah ada di antara kamu yang menggunjing sebagian yang lain. Apakah ada di antara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Tentu kamu merasa jijik. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Penerima tobat, Maha Penyayang.” (Q.S. al-Hujurat (49): 12)


Artinya: “Jauhkanlah dirimu dari prasangka buruk, karena sesungguhnya prasangka itu adalah perkataan yang paling dusta.” (H.R. Bukhari)

3.         Teks Ayat Q.S. al-Hujurat (49): 10 dan hadis terkait
Artinya: “Sesungguhnya orang-orang mukmin itu bersaudara, karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu (yang berselisih) dan bertakwalah kepada Allah agar kamu mendapat rahmat.” (S. al-Hujurat (49): 10)
Artinya: “Perumpamaan orang-orang mukmin dalam saling mencintai, saling mengasihi, dan saling menyayangi, seperti satu tubuh. Apabila satu organ tubuh merasa sakit, akan menjalar kepada semua organ tubuh, yaitu tidak dapat tidur dan merasa demam.” (H.R. Muslim)

                                
D.                Sumber Belajar:
1.         Media                               : Teks bacaan Q.S. al-Anfal (8): 72; Q.S. al-Hujurat (49): 12 dan
  Q.S. al-Hujurat (49): 10 serta hadits terkait
2.         Alat                                   : LCD projektor
3.         Sumber Belajar                 : Buku PAI dan Budi Pekerti Kelas X SMA kur 2013
  Kemdikbud, Tafsir al-Qur’an, Kitab hadis sahih
  Muslim, dan sumber lain yang menunjang.

E.                 Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:

Pertemuan 1
No.
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan:
ü Guru membuka proses pembelajaran dengan memberi salam dan berdo’a,
ü Guru mengelola kelas (mengecek kesiapan, absensi, tempat duduk, dan perlengkapan lainnya),
ü Guru mengajak peserta didik untuk tadarus antara 5-10 menit (membaca/hafalan al-Qur’an atau surah pendek pilihan),
ü Guru menyampaikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai,
ü Guru memberikan penjelasan tentang tahapan kegiatan pembelajaran yang meliputi mengamati, menanya, eksperimen/eksplorasi, menyimpulkan, serta mengomunikasikan.
ü Guru melakukan appersepsi (sejauh mana peserta didik memahami hubungan pelajaran yang lalu dan atau konsep yang dimiliki dengan materi yang akan diajarkan),
ü Guru melaksanakan tes awal (pretest) untuk mengetahui pemahaman peserta didik terhadap materi yang akan diajarkan.
ü Guru memberi motivasi peserta didik

15
2.
Kegiatan Inti
ü Mengamati
Menyimak bacaan, membaca, mengidentifikasi hukum bacaan (tajwid), dan mencermati kandungan  Q.S. al-Anfal (8): 72 serta hadits terkait.
Mencermati manfaat dan hikmah kontrol diri (mujahadah an-nafs) melalui tayangan video atau media lainnya.
ü Menanya
Menanyakan cara membaca Q.S. al-Anfal (8): 72,
Mengajukan pertanyaan terkait hukum tajwid, asbabun nuzul, dan isi kandungan Q.S. al-Anfal (8): 72, serta hadits terkait.
ü Mengumpulkan data/eksplorasi
Mendiskusikan cara membaca  Q.S. al-Anfal (8): 72sesuai dengan hukum  bacaan tajwid;
Menterjemahkan Q.S. al-Anfal (8): 72 serta hadits terkait;
Menganalisis asbabun nuzul dan kandungan Q.S. al-Anfal (8): 72 serta hadits terkait.
ü Mengasosiasi
Membuat kesimpulan dari kandungan Q.S. al-Anfal (8): 72 serta hadits terkait.
ü Mengkomunikasikan:
Menpresentasikan hasil diskusi terkait Q.S. al-Anfal (8): 72 serta hadits terkait secara individu maupun kelompok

105
3.
Penutup
ü Membuat kesimpulan dan melaksanakan refleksi serta penguatan terhadap hasil diskusi, sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya;
ü Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok bagi peserta didik yang menguasai materi;
ü Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya.

15



Pertemuan 2

No.
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan:
ü Guru membuka proses pembelajaran dengan memberi salam dan berdo’a,
ü Guru mengelola kelas (mengecek kesiapan, absensi, tempat duduk, dan perlengkapan lainnya),
ü Guru mengajak peserta didik untuk tadarus antara 5-10 menit (membaca/hafalan al-Qur’an atau surah pendek pilihan),
ü Guru menyampaikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai,
ü Guru memberikan penjelasan tentang tahapan kegiatan pembelajaran yang meliputi mengamati, menanya, eksperimen/eksplorasi, menyimpulkan, serta mengomunikasikan.
ü Guru melakukan appersepsi (sejauh mana peserta didik memahami hubungan pelajaran yang lalu dan atau konsep yang dimiliki dengan materi yang akan diajarkan),
ü Guru melaksanakan tes awal (pretest) untuk mengetahui pemahaman peserta didik terhadap materi yang akan diajarkan.
ü Guru memberi motivasi peserta didik

15
2.
Kegiatan Inti
ü Mengamati
Menyimak bacaan, membaca, mengidentifikasi hukum bacaan (tajwid), dan mencermati kandungan  Q.S. al-Hujurat (49): 12  dan  Q.S. al-Hujurat (49): 10 serta hadits terkait.
Mencermati manfaat dan hikmah prasangka baik (husnuzzan) dan persaudaraan (ukuwah) melalui tayangan video atau media lainnya.
ü Menanya
Menanyakan cara membaca Q.S. al-Hujurat (49): 12 dan Q.S. al-Hujurat (49): 10
Mengajukan pertanyaan terkait hukum tajwid, asbabun nuzul, dan isi kandungan Q.S. al-Hujurat (49): 12 dan Q.S. al-Hujurat (49): 10 serta hadits terkait.
ü Mengumpulkan data/eksplorasi
Mendiskusikan cara membaca  Q.S. al-Hujurat (49): 12  dan Q.S. al-Hujurat (49): 10sesuai dengan hukum  bacaan tajwid;
Menterjemahkan Q.S. al-Hujurat (49): 12 serta hadits terkait;
Menganalisis asbabun nuzul dan kandungan Q.S. al-Hujurat (49): 12 dan Q.S. al-Hujurat (49): 10serta hadits terkait.
ü Mengasosiasi
Membuat kesimpulan dari kandungan Q.S. al-Hujurat (49): 12 dan Q.S. al-Hujurat (49): 10 serta hadits terkait.
ü Mengkomunikasikan:
Menpresentasikan hasil diskusi terkait Q.S. al-Hujurat (49): 12 dan Q.S. al-Hujurat (49): 10 serta hadits terkait secara individu maupun kelompok

105
3.
Penutup
ü Membuat kesimpulan dan melaksanakan refleksi serta penguatan terhadap hasil diskusi, sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya;
ü Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok bagi peserta didik yang menguasai materi;
ü Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya.

15


Pertemuan 3

No.
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan:
ü Guru membuka proses pembelajaran dengan memberi salam dan berdo’a,
ü Guru mengelola kelas (mengecek kesiapan, absensi, tempat duduk, dan perlengkapan lainnya),
ü Guru mengajak peserta didik untuk tadarus antara 5-10 menit (membaca/hafalan al-Qur’an atau surah pendek pilihan),
ü Guru menyampaikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai,
ü Guru memberikan penjelasan tentang tahapan kegiatan pembelajaran yang meliputi mengamati, menanya, eksperimen/eksplorasi, menyimpulkan, serta mengomunikasikan.
ü Guru melakukan appersepsi (sejauh mana peserta didik memahami hubungan pelajaran yang lalu dan atau konsep yang dimiliki dengan materi yang akan diajarkan),
ü Guru melaksanakan tes awal (pretest) untuk mengetahui pemahaman peserta didik terhadap materi yang akan diajarkan.
ü Guru memberi motivasi peserta didik

15
2.
Kegiatan Inti
ü Mengamati
Menyimak bacaan, membaca, mengidentifikasi hukum bacaan (tajwid), dan mencermati kandungan  Q.S. al-Anfal (8): 72, Q.S. al-Hujurat (49): 12, Q.S. al-Hujurat (49): 10  serta hadits terkait.

ü Mengkomunikasikan:
Mendemonstrasikan hafalan Q.S. al-Anfal (8): 72, Q.S. al-Hujurat (49): 12, Q.S. al-Hujurat (49): 10  secara individu

105
3.
Penutup
ü Membuat kesimpulan dan melaksanakan refleksi serta penguatan terhadap hasil diskusi, sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya;
ü Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok bagi peserta didik yang menguasai materi;
ü Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya.

15


Pertemuan 4

No.
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan:
ü Guru membuka proses pembelajaran dengan memberi salam dan berdo’a,
ü Guru mengelola kelas (mengecek kesiapan, absensi, tempat duduk, dan perlengkapan lainnya),
ü Guru mengajak peserta didik untuk tadarus antara 5-10 menit (membaca/hafalan al-Qur’an atau surah pendek pilihan),
ü Guru menyampaikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai,
ü Guru memberikan penjelasan tentang tahapan kegiatan pembelajaran yang meliputi mengamati, menanya, eksperimen/eksplorasi, menyimpulkan, serta mengomunikasikan.
ü Guru melakukan appersepsi (sejauh mana peserta didik memahami hubungan pelajaran yang lalu dan atau konsep yang dimiliki dengan materi yang akan diajarkan),
ü Guru melaksanakan tes awal (pretest) untuk mengetahui pemahaman peserta didik terhadap materi yang akan diajarkan.
ü Guru memberi motivasi peserta didik

15
2.
Kegiatan Inti:
ü Mengamati
Menyimak tayangan video yang telah dibuat oleh siswa terkait perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan), dan persaudaraan (ukhuwah) sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. al-Anfal (8): 72; Q.S. al-Hujurat (49): 12 dan Q.S. al-Hujurat (49): 10 serta hadits terkait.

ü Menanya
Menanyakan hal-hal yang terkait dengan tayangan video tentang perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan), dan persaudaraan (ukhuwah) sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. al-Anfal (8): 72; Q.S. al-Hujurat (49): 12 dan Q.S. al-Hujurat (49): 10 serta hadits terkait.

ü Menyimpulkan
Menyimpulkan hasil tayangan video yang terkait dengan tayangan video tentang perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan), dan persaudaraan (ukhuwah) sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. al-Anfal (8): 72; Q.S. al-Hujurat (49): 12 dan Q.S. al-Hujurat (49): 10 serta hadits terkait.


105
3.
Penutup
ü Membuat kesimpulan dan melaksanakan refleksi serta penguatan terhadap hasil diskusi, sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya;
ü Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok bagi peserta didik yang menguasai materi;
ü Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya.

15

F.       Penilaian

1.      Sikap  (observasi, penilaian diri, penilaian antar teman, dan jurnal)

a.     Observasi
Materi                   : Q.S. al-Anfal (8): 72; Q.S. al-Hujurat (49): 12 dan Q.S. al-Hujurat
  (49): 10 serta hadits terkait
Kelas                    : X (sepuluh)

No
Nama Siswa
1
2
3
4
5
Nilai
Predikat
ya
tdk
ya
Tdk
ya
tdk
ya
tdk
ya
tdk
1













2













3













4













5














Aspek yang dinilai:
1. Keaktifan
2. Kerjasama
3. Keberanian berpendapat
4. Pengendalian diri
5. Menghormati pendapat orang lain

Petunjuk Penskoran :
Jawaban YA diberi skor 1, dan jawaban TIDAK diberi skor 0
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
Contoh :
Jawaban YA sebanyak 4, maka diperoleh skor 4, dan skor tertinggi 5 maka skor akhir yang diperoleh peserta didik adalah :


b.     Penilaian Diri
Materi                   : Q.S. al-Anfal (8): 72; Q.S. al-Hujurat (49): 12 dan Q.S. al-Hujurat
  (49): 10 serta hadits terkait
Kelas                    : X (sepuluh)



Nama Siswa          : .....................

No
Uraian
Aspek yang diamati
Nilai
Predikat
1
2
3
4
5
1
Mendengarkan pembicaran orang lain







2
Tidak memotong pembicaraan orang lain







3
Tidak menganggap benar sendiri







4
Menghargai pendapat orang lain







5
Tidak membenci orang yang berbeda pendapat








Dst.








Aspek yang dinilai:
5. Selalu
4. Sering
3. Kadang-kadang
2. Pernah
1. Tidak pernah

Petunjuk Penskoran :
Jawaban Selalu diberi skor 5, sering diberi skor 4 dst.
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
Contoh :
Jawaban Selalu sebanyak 3, Pernah sebanyak 2, maka diperoleh skor 19, dan skor tertinggi 25 maka skor akhir yang diperoleh peserta didik adalah :



c.     Penilaian Antar Teman
Materi                   : Q.S. al-Anfal (8): 72; Q.S. al-Hujurat (49): 12 dan Q.S. al-Hujurat
                               (49): 10 serta hadits terkait
Kelas                    : X (sepuluh)
Nama (penilai)      : .....................

No
Nama Siswa
1
2
3
4
5
Nilai
Predikat
ya
tdk
ya
Tdk
ya
tdk
ya
tdk
ya
tdk
1













2













3













4













5














Aspek yang dinilai:
1. Suka mendengarkan orang lain
2. Suka memotong pembicaraan
3. Selalu menganggap benar sendiri
4. Selalu menghargai pendapat orang lain
5. Selalu membenci orang yang berbeda    
    pendapat


Petunjuk Penskoran :
Jawaban YA diberi skor 1, dan jawaban TIDAK diberi skor 0
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
Contoh :
Jawaban YA sebanyak 4, maka diperoleh skor 4, dan skor tertinggi 5 maka skor akhir yang diperoleh peserta didik adalah :

d.     Jurnal
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam kedisiplinan. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap disiplin yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
Ya             =  apabila peserta didik menunjukkan perbuatan sesuai aspek pengamatan
Tidak        =  apabila peserta didik tidak menunjukkan perbuatan sesuai aspek pengamatan.

Nama Peserta Didik                      : ………………….
Kelas                                            : X (sepuluh)
Tanggal Pengamatan                     : …………………..
Materi                                           : Q.S. al-Anfal (8): 72; Q.S. al-Hujurat (49): 12 dan Q.S.
  al-Hujurat (49): 10 serta hadits terkait

No
Sikap yang diamati
Melakukan
Ya
Tidak
1
Masuk kelas tepat waktu


2
Mengumpulkan tugas tepat waktu


3
Memakai seragam sesuai tata tertib


4
Mengerjakan tugas yang diberikan


5
Tertib dalam mengikuti pembelajaran


6
Mengikuti kegiatan praktik/ penilaian proyek dengan langkah yang ditetapkan


7
Membawa buku tulis sesuai mata pelajaran


8
Membawa buku teks mata pelajaran


Jumlah



Petunjuk Penskoran :
Jawaban YA diberi skor 1, dan jawaban TIDAK diberi skor 0
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
Contoh :
Jawaban YA sebanyak 6, maka diperoleh skor 6, dan skor tertinggi 8 maka skor akhir yang diperoleh peserta didik adalah :


2.      Pengetahuan (Tes Tulis, lisan, dan Penugasan)

a.         Tes tulis/lisan
Materi                           : Q.S. al-Anfal (8): 72; Q.S. al-Hujurat (49): 12 dan Q.S. al-Hujurat
  (49): 10 serta hadits terkait
Kelas                             : X(sepuluh)
Nama Siswa                : .....................

No
Soal
Nilai
Ket.


1.
Bacalah QS. Al-anfal (8): 72 dengan benar!



2.
Sebutkan bacaan tajwid yang terdapat pada QS. Al-anfal (8): 72!



3.
Terjemahkan QS. Al-anfal (8): 72!



4.
Jelaskan asabunnuzul QS. Al-anfal (8): 72!



5.
Jelaskan isi kandungan QS. Al-anfal (8): 72 serta hadis terkait!



6.
Sebutkan pesan-pesan yang terkandung pada QS. Al-anfal (8): 72 serta hadis terkait!



7.
Mengapa manusia perlu mengontrol dirinya?



8.
Bagaimana caranya supaya bisa membiasakan bersikap kontrol diri?




Petunjuk Penskoran :
Jawaban diberi skor 1-5 (sesuai dengan tingkatan jawaban).
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
Contoh :
Jawaban sebanyak  3 soal dengan nilai 4, 2 soal nilai 3, dan 3 soal nilai 5. Maka diperoleh skor  12+6+15=33,sedangkan skor maksimal adalah 40, maka skor akhir yang diperoleh peserta didik adalah :

3.      Ketrampilan (Praktik dan Portofolio, dan Penilaian Proyek)

a.         Praktik
Materi                           : Q.S. al-Anfal (8): 72; Q.S. al-Hujurat (49): 12 dan Q.S. al-Hujurat
  (49): 10 serta hadits terkait
Kelas                             : X(sepuluh)

No
Nama Siswa
Aspek yang diamati
Nilai
Predikat
1
2
3
4
5
1








2








3








4








dst








Aspek yang dinilai:
1. Belum bisa
2. Terbata-bata
3. Sedang
4. Lancar
5. Sangat lancar

Petunjuk Penskoran :
Jawaban Sangat lancar diberi skor 5, lancar diberi skor 4 dst.
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
Contoh :
Jawaban Sangat lancar sebanyak 3, Terbata-bata sebanyak 2, maka diperoleh skor 19, dan skor tertinggi 25 maka skor akhir yang diperoleh peserta didik adalah :


b.         Portofolio
Materi                           : Q.S. al-Anfal (8): 72; Q.S. al-Hujurat (49): 12 dan Q.S. al-Hujurat
  (49): 10 serta hadits terkait
Kelas                             : X(sepuluh).

No
Nama Siswa
Aspek yang diamati
Nilai
Predikat
1
2
3
4
5
1








2








3








4








Dst








Aspek yang dinilai:
1. Kurang
2. Cukup
3. Sedang
4. Baik
5. Sangat baik

Petunjuk Penskoran :
Jawaban Sangat baik diberi skor 5, baik diberi skor 4 dst.
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
Contoh :
Jawaban Sangat baik sebanyak 3, Cukup sebanyak 2, maka diperoleh skor 19, dan skor tertinggi 25 maka skor akhir yang diperoleh peserta didik adalah :


c.         Penilaian Proyek
Materi                           : Q.S. al-Anfal (8): 72; Q.S. al-Hujurat (49): 12 dan Q.S. al-Hujurat
  (49): 10 serta hadits terkait
Kelas                             : X(sepuluh).
Jenis Tugas             : Pembuatan film pendek

Indikator :
1.    Memberikan penjelasan tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs
2.    Memanfaatkan multimedia dalam pembentukan sikap terkait kontrol diri (mujahadah an-nafs),

Tugas Proyek

1.    Kerjakan secara kelompok, 5 orang perkelompok (sesai dengan kondisi)
2.    Buatlah film pendek bertema kontrol diri (mujahadah an-nafs)
3.    Dikumpulkan dalam bentuk soft file
4.    Buat laporan hasil proyek: diketik pada kertas A4, 1½ spasi, lengkapi dengan tema proyek, langkah pengerjaan proyek, hasil proyek, penjelasan proyek, kesimpulan. Format laporan terlampir
5.    Sudah selesai untuk dipresentasikan 1 minggu sejak tanggal penugasan.


ASPEK
KRITERIA DAN SKOR
3
2
1
Pengurutan dan kelengkapan  isi laporan
Jika urutan isi laporan urut mulai cover sampai daftar pustaka, dan isi laporan lengkap dan sesuai format
Jika urutan isi laporan ada yang kurang terurut, atau ada isi yang kurang lengkap
Jika urutan isi laporan tidak terurut dan isinya tidak lengkap
Tema  
 Jika tema yang diangkat sesuai dengan yang diinginkan
Jika tema yang diangkat kurang sesuai dengan yang diinginkan
Jika tema yang diangkat tidak sesuai dengan yang diinginkan
Hasil Proyek
Jika hasil proyek sesuai dengan yang diingkan dan menarik
Jika hasil proyek tidak sesuai dengan yang diingkan atau kurang menarik
Jika hasil proyek tidak sesuai
Penjelasan
Penjelasan lengkap, sesuai dan menjelaskan proyek secara rinci
Penjelasan kurang lengkap, kurang sesuai atau penjelasan proyek kurang rinci
Penjelasan tidak lengkap
Rating
Proyek mendapat like lebih sebanyak 100 orang atau lebih dalam waktu 1 bulan setelah diupload.
Proyek mendapat like antara 50-100 orang  dalam waktu 1 bulan setelah diupload.
Proyek mendapat like kurang dari 50 orang  dalam waktu 1 bulan setelah diupload.













PENILAIAN PEMBUATAN



 PROYEK

No
Kelompok
Aspek yang diamati
Nilai
Predikat
A
b
c
d
e
1
Kelompok 1







2
Kelompok 2







3
Kelompok 3







4
Kelompok 4















Aspek yang dinilai :
a. Laporan
b. Tema
c. Hasil Proyek
d. Penjelasan
e. Rating
Skor :
1 = cukup
2 = sedang
3 = baik


Petunjuk Penskoran :
Jawaban Baik diberi skor 3, Sedang diberi skor 2 dst.
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
Contoh :
Jawaban Baik sebanyak 2, Cukup sebanyak 2, Sedang sebanyak 2, maka diperoleh skor 6+2+4=12, dan skor tertinggi 15 maka skor akhir yang diperoleh peserta didik adalah :


      
Banjarnegara, 14 Juli 2014

Memeriksa,
WK. Kurikulum




Asep Yogaswara S., S.Pd.
NIY. 960045
Guru Mata Pelajaran
Pendidkan Agama Islam dan Budi Pekerti




M. Usman Fauzi, S.Ag.
NIY. 990060
Mengetahui,
Kepala SMK




Agus Supartono, SH,ST,MM.
NIY. 85-0014





  Bagi teman-teman GPAI SMK/SMA yang membutuhkan RPP PAIBP Kelas X  Kurikulum 2013:
1. RPP Aku selalu dekat dengan Allah swt, silahkan download disini

0 Response to "Kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan), dan persaudaraan (ukhuwah)."

Post a Comment