Latest Updates

Pelaksanaan Khutbah, tabligh dan dakwah di masyarakat

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP- 2.10)
KURIKULUM  2013

Satuan Pendidikan : SMK Panca Bhakti Banjarnegara
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : XI/ 2
Materi Pokok : Pelaksanaan khutbah, tabligh dan dakwah di masyarakat.
Alokasi Waktu : 4 X 3 Jam Pelajaran ; 4 x Pertemuan


  1. Kompetensi Inti :

(K1) : Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
(K2) : Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro- aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan   alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
(K3) :Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan    wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
(K4) :Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,   dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

      B. Kompetensi Dasar
  1. Memahami pelaksanaan khutbah, tabligh dan dakwah.
  2. Mempraktikkan khutbah, tabligh, dan dakwah

Indikator
  1. Mampu Memahami pelaksanaan khutbah, tabligh dan dakwah.
  2. Mampu Mempraktikkan khutbah, tabligh, dan dakwah

  1. Materi Pembelajaran
Khutbah, tabligh dan dakwah
  1. Materi Fakta (sesuatu yang dapat diindera)
  1. Menyimak bacaan al-Qur’an yang terkait dengan pelaksanaan khutbah, tabligh dan dakwah di masyarakat dalam Islam secara individu maupun kelompok.
  2. Mencermati ketentuan  dan tata cara pelaksanaan khutbah, tabligh dan dakwah di masyarakath
  1. Materi Konsep (gabungan antar fakta yang saling berhubungan)
  1. ketentuan  dan tata cara pelaksanaan khutbah, tabligh dan dakwah di masyarakat
  2. Diskusi mengenai hikmah pelaksanaan khutbah, tabligh dan dakwah di masyarakat

  1. Materi Prinsip (generalisasi hubungan antar konsep-konsep yang berkaitan: hukum, teori, azas)
  1. ketentuan  Rukun khutbah, tabligh dan dakwah di masyarakat
  2. ketentuan  syarat khutbah, tabligh dan dakwah di masyarakat
  3. ketentuan  sunnah khutbah, tabligh dan dakwah di masyarakat
  4. Diskusi mengenai hikmah pelaksanaan khutbah, tabligh dan dakwah di masyarakat

  1. Materi Prosedur (sederetan langkah yang sistematis dalam menerapkan prinsip)

  1. ketentuan ketentuan  penyelenggaraan khutbah, tabligh dan dakwah di masyarakat
  2. tata  cara pelaksanaan khutbah, tabligh dan dakwah di masyarakat

D. Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan
Deskripsi
Alokasiwaktu

Pendahuluan
  • Memberikan salam
  • Menanyakan kepada siswa kesiapan dan kenyamanan untuk belajar
  • Menanyakan kehadiran siswa
  • Mempersilakan salah satu siswa memimpin doa
  • Tanya jawab materi sebelumnya
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran melalui power point.

10 menit

Inti
  • Mengamati
  • Menyimak bacaan al-Qur’an yang terkait dengan pelaksanaan khutbah, tabligh dan dakwah di masyarakat dalam Islam secara individu maupun kelompok.
  • Mencermati ketentuan  dan tata cara pelaksanaan khutbah, tabligh dan dakwah di masyarakat
  • Menanya:
  • Mengajukan pertanyaan tentang ketentuan  dan tata cara pelaksanaan khutbah, tabligh dan dakwah di masyarakat
  • Eksperimen/Eksplor
  • Diskusi tentang ketentuan  dan tata cara pelaksanaan khutbah, tabligh dan dakwah di masyarakat
  • Diskusi mengenai hikmah pelaksanaan khutbah, tabligh dan dakwah di masyarakat
  • Assosiasi
  • Menyimpulkan ketentuan  dan tata cara pelaksanaan khutbah, tabligh dan dakwah di masyarakatt
  • Menyimpulkan hikmah ketentuan  dan tata cara pelaksanaan khutbah, tabligh dan dakwah di masyarakat
  • Komunikasi
  • Menyajikan/melaporkan hasil diskusi tentang ketentuan ketentuan  dan tata cara pelaksanaan khutbah, tabligh dan dakwah di masyarakat
  • Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonformasi, dan menyanggah).
  • Membuat resume pembelajaran di bawah bimbingan guru.
  • Berlatih menerapkan ketentuan  dan tata cara pelaksanaan khutbah, tabligh dan dakwah di masyarakat
  • Refleksi
  • Menampilkan kemampuan menerapkan atketentuan  dan tata cara pelaksanaan khutbah, tabligh dan dakwah di masyarakat
Menunjukkan sikap menghargai dan menghormati  pelaksanaan khutbah, tabligh dan dakwah di masyarakat

70 menit

Penutup
  • Klarifikasi/kesimpulan siswa dibantu oleh guru menyimpulkan materi
  • Evaluasi untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran
  • Siswa melakukan refleksi tentang pelaksanaan pembelajaran
  • Mengucapkan salam

10 menit

E. Alat (Bahan)

Alat / Bahan : Al Qur’an
Power point, Video, LCD, Laptop

F.  Sumber Belajar    :    
  • Buku PAI Kls XI Kemdikbud
  • Al-Quran dan Al-Hadits
  • Buku tajwid
  • Kitab tafsir Al-Qur’an
  • Buku lain yang menunjang
  • Multimedia interaktif dan Internet

G.  Penilaian
1. Prosedur :
a. Penilaian proses belajar mengajar oleh guru
b. Penilaian hasil belajar (tes lisan/ tertulis berbentuk Esay)
2. Alat Penilaian (Soal terlampir)


   Banjarnegara, 14 Juli 2014
Mengetahui, Guru Mata Pelajaran
Kepala SMK Pendidkan Agama Islam

…………………………..         ……………………………..
NIP.
 NIY.


0 Response to "Pelaksanaan Khutbah, tabligh dan dakwah di masyarakat"

Post a Comment