Latest Updates

ISLAM ADALAH AGAMA FITRAH



 
Islam adalah agama yang langsung diturunkan oleh Alloh SWT, sehingga ajaran dan tuntunanNya sudah pasti sangat sesuai dengan fitrah manusia. Tak ada satupun yang tidak sesuai dengan kehendak dasar/hati/fitrah manusia. Alloh Sang Maha Pencipta yang menguasai seluruh alam semesta ini, dari yang sudah terjadi, yang sedang terjadi dan yang akan terjadi semua dalam gengaman kekuasaan Alloh semata. Bahkan sehelai rambut jatuh dari kepala atau satu daun jatuh dari rantingnyapun itu semua dalam keputusan Alloh. Demi Alloh tidak ada kekuatan apapun selain Alloh yang bisa menyamaiNya. Sebagai Dzat yang menguasai seluruh alam semesta secara persis mengetahui kelebihan dan kekurangan semua mahlukNya. Pendek kata Islam merupakan agama sempurna yang diturunkan Allah kepada Rasulullah SAW. Islam memiliki karakteristik yang tidak dimiliki agama-agama lainnya. Salah satu karakteristik yang dimiliki oleh agama Islam adalah Insaniah. Menurut ulama besar Yusuf Al Qadhawi, Islam merupakan agama yang diturunkan untuk manusia, karena itu Islam merupakan satu-satunya agama yang cocok dengan fitrah manusia. Pada dasarnya, tidak ada satupun ajaran Islam yang bertentangan dengan jiwa manusia. Seorang ulama besar mesir lainnya, Muhammad Al Ghazali dalam bukunya “Menjadi Muslim Ideal” mengatakan dan menyerukan kepada mereka yang tidak mengenal Islam dan mereka yang sempit dalam memahamiya bahwa Islam adalah agama dien fitrah. Beliau menuturkan lebih lanjut bahwa agama Islam sangat variatif dalam setiap sendi kehidupan manusia yaitu seruan menuju perilaku kehidupan yang lurus dan arah pemikiran yang benar, dan petunjuk-petunjuknya yang tetap berupa kaidah yang bergerak dalam mengarahkan jiwa menuju kesempurnaan dari kebimbangan, menuju kebahagiaan dunia sampai akherat. Alloh SWT  berfirman :(Q.S. Ar Rum ayat 30)
 
30. Maka hadapkanlah wajahmu dengan Lurus kepada agama Allah; (tetaplah atas) fitrah Allah yang telah menciptakan manusia menurut fitrah itu. tidak ada peubahan pada fitrah Allah. (Itulah) agama yang lurus; tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui[1168],

[1168] Fitrah Allah: Maksudnya ciptaan Allah. manusia diciptakan Allah mempunyai naluri beragama Yaitu agama tauhid. kalau ada manusia tidak beragama tauhid, Maka hal itu tidaklah wajar. mereka tidak beragama tauhid itu hanyalah lantara pengaruh lingkungan.


 Islam adalah ajaran fitrah di mana Nabi Muhammad SAW diutus untuk menjelaskan ajaran kebenaran- Nya dan memperlihatkan tuntunan-Nya, serta mengembalikan manusia kepada jalan yang lurus setelah manusia dikuasai oleh bujuk rayu setan. (Ghazali, 2003 : 14). Sedangkan pengertian fitrah sendiri adalah kejadian asli, ciptan, tabiat (alamiah), dan bukan berarti agama. Islam juga disebut agama fitrah karena agama ini merupakan ciptaan Allah, sebagai agama yang asli diturunkan oleh Allah kepada manusia, dan Dia tidak pernah menurunkan agama lain selain Islam (Kaelany, 2006 : 42)
Semua perintah dan ajaranNya tidak ada yang tak bisa dilakukan oleh manusia, firman Alloh SWT : "Alloh menghendaki kemudahan bagimu dan tidak menghendaki kesukaran bagimu” (Q.S. Al Baqoroh ayat 185).

0 Response to "ISLAM ADALAH AGAMA FITRAH"

Post a Comment