Latest Updates

APA ITU ISLAM ?



Menurut istilah Islam adalah agama yang diturunkan oleh Alloh SWT melalui Malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW yang mengimani satu Tuhan (tidak ada yang berhak disembah kecuali Alloh) dan meyakini bahwa nabi Muhammad adalah utusan Alloh, dengan syariat yang diajarkannya.
Sedangkan menurut bahasa Islam berasal dari kata Arab Aslama-Yuslimu-Islaman yang secara kebahasaan berarti ‘Menyelamatkan’ misal teks ‘Assalamu Alaikum’ yang berarti Semoga Keselamatan menyertai kalian semuanya. Islam/Islaman adalah Masdar/Kata benda sebagai bahasa penunjuk dari Fi’il/Kata kerja yaitu ‘Aslama’ = Telah Selamat dan ‘Yuslimu’ = Menyelamatkan.
Dasar/pedoman yang utama dari syariat-syariat agama Islam adalah Al-Qur'an dan Al-Hadist. Ajaran-ajaran yang terkandung dalam Al-Qur'an dan Al-Hadist meliputi Akidah, ibadah dan Akhlak.


1. Iqidah
Akidah disebut juga sebagai ketauhidan/keimanan. Hal itu merupakan keimanan dalam hati, diikuti ucapan/ikrar dengan lisan dan diamalkan/dibuktikan dengan anggota badan. Ada enam yang wajib diimani, Iman kepada Alloh, Iman kepada Malaikat Alloh, Iman kepada Kitab-kitab Alloh, Iman kepada Rasul-rasul Alloh, Iman kepada Hari qiyamat/hari akhir serrta Iman kepada qodha dan qodar Alloh.

2. Ibadah
Ibadah merupakan kewajiban yang harus dikerjakan oleh orang yang telah menyatakan dirinya ada keimanan didalam hatinya yang kemudian disebut Islam. Rukun Islam ada lima yaitu : Mengucapkan dua kalimah syahadat, sholat, mengeluarkan zakat, puasa pada bulan Ramadhan dan menunaikan haji ke Baitulloh bagi orang yang mampu.

3. Akhlak
Akhlak adalah perwujudan dari orang yang beriman kuat dan ibadah yang benar. Akhlak merupakan nilai-nilai kebaikan yang wajib dimiliki dan dilakukan oleh seorang muslim. Seperti berkewajiban untuk jujur,amanah, adil, sopan, berbaik sangka dll. Atau sifat-sifat keburukan yang harus dihindari, seperti dusta, khianat,iri, dengki dll.


0 Response to "APA ITU ISLAM ?"

Post a Comment