Latest Updates

RPP Kelas X : Perilaku menghindarkan diri dari pergaulan bebas dan perbuatan zina


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Satuan Pendidikan                : SMK PANCA BHAKTI BANJARNEGARA
Mata Pelajaran                      : Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti
Topik                                   : Perilaku menghindarkan diri dari pergaulan bebas    dan perbuatan zina
Materi Pokok                    : Q.S. Al-Isra’ (17) : 32, dan Q.S. An-Nur (24) : 2, serta hadits
Kelas / Semester                    : X/ 1 (Gasal)
Alokasi Waktu                      : 4 X 3 Jam Pelajaran
Jumlah Pertemuan                 : 4 x Pertemuan

A.       Kompetensi Inti 
1       ( KI 1)  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
     (KI 2)   Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
  (KI 3) Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual,prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah. 
    (KI 4) Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.


B.       Kompetensi Dasar dan Indikator
3.3 Menganalisis  Q.S. Al-Isra’ (17) : 32, dan Q.S. An-Nur (24) : 2, serta hadits tentang larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina.
3.4 Manfaat dan hikmah larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina.
4.2.1 Membaca Q.S. Al-Isra’ (17) : 32, dan Q.S. An-Nur (24) : 2 sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf.
4.2.2 Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Al-Isra’ (17) : 32, dan Q.S. An-Nur (24) : 2 dengan lancar



Indikator Pencapaian Kompetensi 
3.3         Peserta didik dapat menganalisis hukum bacaan dari Q.S. Al-Isra’ (17) : 32, dan Q.S. An-Nur (24) : 2.
3.4         Peserta didik dapat memahami manfaat dan hikmah larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina.
4.2.1    Peserta didik dapat membaca Q.S. Al-Isra’ (17) : 32, dan Q.S. An-Nur (24) : 2 dan hadist sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf.
4.2.2    Peserta didik dapat mendemonstrasikan hafalan Q.S. Al-Isra’ (17) : 32, dan Q.S. An-Nur (24) : 2dan hadist dengan lancar.

C.      Materi Ajar
Q.S. Al-Isra’ (17) : 32, dan Q.S. An-Nur (24) : 2, serta hadits (terlampir)

D.    Media Pembelajaran
·  Al Qur’an
·  Power point, Video, LCD, Laptop

E.     Sumber Belajar               :   
·    Buku PAI Kls X Kemdikbud
·    Al-Quran dan Al-Hadits
·    Buku tajwid
·    Kitab tafsir Al-Qur’an
·    Buku lain yang menunjang
·    Multimedia interaktif dan Internet

F.     Kegiatan Pembelajaran

Pertemuam 1:
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu

Pendahuluan

·         Memberikan salam
·         Menanyakan kepada siswa kesiapan dan kenyamanan untuk belajar
·         Menanyakan kehadiran siswa
·         Mempersilakan salah satu siswa memimpin doa
·         Tanya jawab materi sebelumnya
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran melalui power point.




10 menit

Inti

·      Mengamati
-       Menyimak bacaan, mengidentifikasi hukum bacaan (tajwid), dan mencermati kandungan  Q.S. Al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. An-Nur (24):  2, serta hadits terkait.
·      Menanya
-       Menanyakan cara membaca hukum tajwid, asbabun nuzul, dan isi kandungan Q.S. Al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. An-Nur (24):  2, serta hadits terkait
·      Mengumpulkan data/eksplorasi
Mendiskusikan hukum bacaan yang terdapat dalam Q.S. Al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. An-Nur (24):  2, serta hadits terkait.
·      Mengasosiasi
Mengidentifikasi hukum bacaan yang terdapat dalam Q.S. Al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. An-Nur (24):  2.
·      Mengkomunikasikan:
Mendemonstrasikan hukum bacaan yang terdapat dalam  Q.S. Al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. An-Nur (24):  2.

70 menit

Penutup

·         Klarifikasi/kesimpulan siswa dibantu oleh guru menyimpulkan materi
·         Evaluasi untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran
·         Siswa melakukan refleksi tentang pelaksanaan pembelajaran
·         Mengucapkan salam

10 menit

Pertemuan ke 2
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi
Waktu

Pendahuluan

·         Memberikan salam
·         Menanyakan kepada siswa kesiapan dan kenyamanan untuk belajar
·         Menanyakan kehadiran siswa
·         Mempersilakan salah satu siswa memimpin doa
·         Tanya jawab materi sebelumnya
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran melalui power point.


10 menit

Inti

·      Mengamati
-       Menyimak bacaan Q.S. Al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. An-Nur (24):  2 dan hadits terkait beserta terjemah.
-       Mencermati manfaat dan hikmah larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina melalui tayangan video atau media lainnya.
·      Menanya
·      Menanyakan asbabun nuzul, dan isi kandungan Q.S. Al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. An-Nur (24):  2, serta hadits terkait
·      Mengumpulkan data/eksplorasi
Mendiskusikan kandungan Q.S. Al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. An-Nur (24):  2, serta hadits terkait
·      Mengasosiasi
Membuat kesimpulan dari kandungan Q.S. Al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. An-Nur (24):  2, serta hadits terkait
·      Mengkomunikasikan:
Menyampaikan hasil diskusi tentang kandungan Q.S. Al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. An-Nur (24):  2, serta hadits terkait secara individu maupun kelompok

70 menit

Penutup

·         Klarifikasi/kesimpulan siswa dibantu oleh guru menyimpulkan materi
·         Evaluasi untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran
·         Siswa melakukan refleksi tentang pelaksanaan pembelajaran
·         Mengucapkan salam

10 menit

Pertemuan ke 3
Kegiatan
Deskripsi
Alokasiwaktu

Pendahuluan

·         Memberikan salam
·         Menanyakan kepada siswa kesiapan dan kenyamanan untuk belajar
·         Menanyakan kehadiran siswa
·         Mempersilakan salah satu siswa memimpin doa
·         Tanya jawab materi sebelumnya
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran melalui power point.


10 menit


Inti


·      Mengamati
-       Menyimak bacaan Q.S. Al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. An-Nur (24):  2, serta hadits terkait.
·      Mencermati hukum bacaan yang terdapat dalam Q.S. Al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. An-Nur (24):  2.
·      Menanya
Menanyakan cara membaca yang baik dan benar dari Q.S. Al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. An-Nur (24):  2, serta hadits terkait
·      Mengumpulkan data/eksplorasi
Membacakan Q.S. Al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. An-Nur (24):  2 sesuai kaidah tajwid, serta hadits terkait.
·      Mengasosiasi
Menyimpulkan cara membaca yang baik dan benar Q.S. Al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. An-Nur (24):  2, serta hadits terkait
·      Mengkomunikasikan:
Mendemonstrasikan bacaan Q.S. Al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. An-Nur (24):  2, serta hadits terkait secara individu maupun kelompok

70 menit

Penutup

·         Klarifikasi/kesimpulan siswa dibantu oleh guru menyimpulkan materi
·         Evaluasi untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran
·         Siswa melakukan refleksi tentang pelaksanaan pembelajaran
·         Mengucapkan salam

10 menit

Pertemuan ke 4
Kegiatan
Deskripsi
Alokasiwaktu

Pendahuluan

·         Memberikan salam
·         Menanyakan kepada siswa kesiapan dan kenyamanan untuk belajar
·         Menanyakan kehadiran siswa
·         Mempersilakan salah satu siswa memimpin doa
·         Tanya jawab materi sebelumnya
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran melalui power point.


10 menit

Inti

·      Mengamati
-       Menyimak bacaan dari beberapa qori’ dari Q.S. Al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. An-Nur (24):  2, serta hadits terkait.
·      Menanya
-       Menanyakan cara membaca yang paling baik dari Q.S. Al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. An-Nur (24):  2, serta hadits terkait
·      Mengumpulkan data/eksplorasi
Mendiskusikan cara membaca yang baik dari Q.S. Al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. An-Nur (24):  2, serta hadits terkait.
·      Mengasosiasi
Mengidentifikasi cara membaca yang baik dari Q.S. Al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. An-Nur (24):  2.
·      Mengkomunikasikan:
Mendemonstrasikan bacaan (hafalan) Q.S. Al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. An-Nur (24):  2.

75 menit

Penutup

·         Klarifikasi/kesimpulan siswa dibantu oleh guru menyimpulkan materi
·         Evaluasi untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran
·         Siswa melakukan refleksi tentang pelaksanaan pembelajaran
·         Mengucapkan salam

5 menit

G.     Penilaian          
1.      Prosedur    :
a.   Penilaian proses belajar mengajar oleh guru
b.   Penilaian hasil belajar (tes lisan/ tertulis berbentuk Esay)
2.      Alat Penilaian (Soal terlampir)
  Banjarnegara, 14 Juli 2014
Memeriksa,
WK. Kurikulum



Asep Yogaswara S., S.Pd.
NIY. 960045
Guru Mata Pelajaran
Pendidkan Agama Islam dan Budi Pekerti



M. Usman Fauzi, S.Ag.
NIY. 990060
Mengetahui,
Kepala SMK


Agus Supartono, SH,ST,MM.
NIY. 85-0014


0 Response to "RPP Kelas X : Perilaku menghindarkan diri dari pergaulan bebas dan perbuatan zina"

Post a Comment