Latest Updates

Kisi-kisi USB PAI SMK 2014/2015


KISI-KISI SOAL UTAMA
UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR (USB) PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
SMK (SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN)
TAHUN PELAJARAN 2014/2015


No
STANDAR KOMPETENSI
KEMAMPUAN YANG DIUJI
INDIKATOR
NO SOAL
1
Memahami ayat- ayat Al-Qur’an tentang manusia dan tugasnya sebagai khalifah.
Membaca QS. Al Baqarah:  30, QS. Al Muk­mi­nun: 12-14, QS. Adz Dzariyat: 56 dan QS. Al Hajj: 5 yang men­jelaskan tentang fungsí dan tugas manusia sebagai khalifah di muka bumi.
Disajikan kutipan salah satu ayat tentang fungsí dan tugas manusia sebagai khalifah di muka bumi  yang tidak lengkap, peserta didik dapat melengkapi  bacaan teks ayat tersebut.

1
Ditampilkan kutipan salah satu ayat tentang manusia dan tugasnya sebagai khalifah, peserta didik dapat mengidentifikasi tajwid yang terdapat pada ayat yang digarisbawahi
2
Menyebutkan Arti QS. Al Baqarah:  30, QS. Al Mukmi­nun: 12-14, Adz Dzariyat: 56 dan QS. Al-Hajj: 5 yang menjelaskan tentang fungsí dan tugas manusia sebagai khalifah di muka bumi.
Ditampilkan kutipan salah satu ayat tentang fungsí dan tugas manusia sebagai khalifah di muka bumi, peserta didik dapat menentukan arti penggalan  ayat yang digarisbawahi.

3
Menampilkan perilaku sebagai khalifah di muka bumi seperti yang terkandung dalam QS. Al Baqarah:  30, QS. Al Muk­mi­nun: 12-14, Adz-Dzariyat:  56 dan QS. AlHajj: 5.
Ditampilkan narasi tentang tugas manusia sebagai kholifah di bumi, peserta didik dapat menunjukkan   perilaku yang terkandung dalam QS. Al Baqarah:  30, QS. Al Muk­mi­nun: 12-14, Adz-Dzariyat:  56 dan QS. AlHajj: 5.
4

Memahami ayat-ayat AlQur’an tentang  demokrasi.
Membaca QS. Ali Imran:  159 dan QS. Asy Syura:  38 tentang demokrasi.
Ditampilkan kutipan salah satu ayat tentang demokrasi, peserta didik dapat mengidentifikasi tajwid yang terdapat dalam ayat yang digarisbawahi.
5

Menampilkan perilaku demokrasi seperti terkandung dalam QS. Ali Imran:  159 dan QS. Asy Syura:  38.
Ditampilkan wacana tentang pola hidup  demokrasi, peserta didik dapat menentukan  contoh perilaku demokrasi seperti yang terkandung dalam QS. Ali Imran:  159 atau  QS. Asy Syura :  38.
6

Menunjukkan artikata dari QS. Ali Imran:  159 dan QS. Asy Syura:  38 tentang demokrasi.
Ditampilkan kutipan salah satu ayat tentang demrokasi, peserta didik dapat menentukan arti penggalan  ayat yang digarisbawahi.
7

Memahami ayat-ayat Al Qur’­an tentang pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Membaca QS. Yunus: 101 dan QS. Al-Baqarah: 164 yang menjelas­kan ten­tang pengembang­an ilmu penge­tahuan dan tehnologi.
Ditampilkan penggalan salah satu ayat tentang pengembangan ilmu pengetahuan dan teknlogi secara acak, peserta didik dapat menyusun secara benar ayat tersebut.
8



Menjelaskan QS. Yunus: 101 dan QS.  Al-Baqarah: 164 ten­tang pengembang­an ilmu penge­tahuan dan tehnologi.
Disajikan kutipan salah satu ayat tentang pengembangan ilmu pengetahuan, peserta didik dapat menentukan isi  kandungan ayat tersebut.
9

Menampilkan perilaku yang men­cerminkan kandungan isi QS. Yunus : 101 dan QS. Al-Baqarah : 164.
Ditampilkan wacana tentang  pengembangan iptek, peserta didik dapat menunjukkan  contoh perilaku positif dalam pengembangan iptek yang sesuai dengan QS. Yunus : 101 atau QS. AlBaqarah : 164.
10
2
Meningkatkan keimanan kepada Allah melalui pemahaman sifat-sifatNya dalam Asmaul Husna


Menyebutkan 10 sifat Allah SWT dalam Asmaul Husna
Disajikan wacana tentang sifat Allah SWT, peserta didik dapat menilai wacana yang sesuai dengan salah satu dari 10 sifat Allah SWT yang berkaitan dengan Asmaul Husna
11


Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan kepada Allah SWT melalui pemahaman sifat-sifatNya dalam asmaul Husna
Disajikan pernyataan tentang sifat Allah SWT, peserta didik dapat mengidentifikasi sikap manusia yang berkaitan dengan 10 Asmaul Husna
12
Disajikan ilustrasi tentang peristiwa alam, peserta didik dapat menentukan contoh perilaku yang mencerminkan keimanan kepada Allah SWT
13

Meningkatkan keimanan kepada Malaikat.


Menampilkan perilaku yang mencerminkan beriman kepada malaikat dalam kehidupan sehari-hari
Disajikan pengertian beriman kepada malaikat, peserta didik dapat menentukan contoh perilaku yang mencerminkan iman kepada malaikat dalam kehidupan sehari-hari
14




15
Menjelaskan tanda-tanda beriman kepada malaikat
Disajikan ilustrasi tentang kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menjelaskan tanda-tanda beriman kepada malaikat

Meningkatkan Keimanan kepada Kitab-Kitab Allah SWT
Menjelaskan hikmah  beriman kepada kitab-kitab Allah SWT
Disajikan ilustrasi tentang kehidupan manusia yang beriman kepada kitab-kitab Allah SWT, peserta didik dapat menentukan hikmah beriman kepada Al Qur’an
16

Meningkatkan Keimanan kepada Rasul-Rasul Allah SWT
Menunjukkan contoh-contoh beriman kepada Rasul-Rasul Allah SWT
Disajikan ilustrasi tentang kehidupan Rasul, peserta didik dapat menunjukkan contoh perilaku Rasul yang harus diteladani
17



18
Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan kepada Rasul-Rasul allah SWT dalam kehidupan sehari-hari
Disajikan contoh kasus tentang kehidupan di masyarakat, peserta didik dapat mengidentifikasi sikap beriman kepada Rasul-Rasul Allah

Meningkatkan Keimanan Kepada Hari akhir
Menampilkan perilaku  yang mencerminkan keimanan kepada Hari Akhir
Ditampilkan narasi tentang Hari Akhir, peserta didik dapat menentukan perilaku yang mencerminkan beriman kepada Hari akhir
19

Meningkatkan Keimanan kepada Qada dan Qadar
Menjelaskan hikmah beriman kepada Qadla dan Qadar
Disajikan ilustrasi tentang kehidupan manusia, peserta didik dapat menjelaskan hikmah beriman kepada Qadla dan Qadar
20
3
Berperilaku terpuji  dan me­ning­galkan perilaku tercela.
Menjelaskan hikmah yang berkaitan dengan husnuzan
Disajikan narasi tentang husnuzan, peserta didik dapat menunjukkan salah satu hikmah yang berkaitan dengan husnuzan
21
Menganalisis contoh perilaku husnuzan terhadap Allah
Disajikan ilustrasi tentang kehidupan seseorang, peserta didik dapat mengenali contoh perilaku husnuzan terhadap Allah
22
Menunjukkan hal-hal yang berkaitan dengan taubat
Ditampilkan ilustrasi tentang perilaku perbuatan dosa, peserta didik dapat menjelaskan hal-hal yang berkaitan dengan taubat
23
Menjelaskan cara-cara taubat
Disajikan narasi tentang cara cara bertaubat, peserta didik dapat mengurutkan cara-cara bertaubat dengan benar
24
Menunjukkan hal-hal yang berkaitan dengan raja’
Disajikan contoh perilaku raja, peserta didik dapat menunjukkan hal-hal yang berkaitan dengan raja’
25
Menjelaskan hikmah perilaku raja’

Disajikan pernyataan tentang perilaku raja, peserta didik dapat menjelaskan hikmah perilaku raja’
26
Menunjukkan perilaku israf
Disajikan ilustrasi tentang israf, peserta didik dapat menunjukkan perilaku israf
27
Menjelaskan cara menghindari perilaku tabdzir
Disajikan pernyataan tabdzir, peserta didik dapat menjelaskan cara menghindari perilaku tabzir
28
Menunjukkan manfaat menghindari tabzir.
Disajikan narasi tentang tabdzir, peserta didik dapat menunjukkan manfaat menghindari tabzir.
29
Mengidentifikasi perilaku fitnah
Disajikan ilustrasi tentang perilaku tercela, peserta didik dapat mengidentifikasi perilaku fitnah
30
4.
Memahami sumber hukum Islam, hukum taklifi, dan hikmah ibadah.

Menentukan pengertian, keduduk­an dan fungsi Al-Qur’an, Al-Hadits, Ijtihad sebagai sumber hukum Islam dan hukum taklifi.

Disajikan tabel tentang sumber-sumber hukum Islam, peserta didik dapat mengidentifikasi pengertian salah satu  sumber hukum Islam.
31
Disajikan ilustrasi permasalahan fiqh yang berkembang di masyarakat, peserta didik dapat menyimpulkan  fungsi Al-Qur’an, Al-Hadits, atau Ijtihad sebagai sumber hukum Islam.
32
Memahami hukum Islam tentang infak, zakat, haji dan wakaf.
Menjelaskan ketentuan syar’i tentang infak, zakat, dan wakaf.

Disajikan deskripsi tentang infak, zakat, atau wakaf, peserta didik dapat mengidentifikasi ketentuan infak, zakat, atau wakaf.
33
Memahami hukum Islam tentang muamalah.

Menjelaskan asas-asas transaksi ekonomi dalam Islam.

Disajikan deskripsi bentuk jual beli, peserta didik dapat menentukan bentuk jual beli sesuai asas-asas transaksi ekonomi dalam Islam.
34
Disajikan ilustrasi tentang syirkah, peserta didik dapat menyimpulkan salah satu macam syirkah.
35
Memahami ketentuan hukum Islam tentang pengurusan jenazah.
Menjelaskan tatacara pengurusan
jenazah.

Disajikan ilustrasi tentang penyelenggaraan jenazah, peserta didik dapat mengurutkan tata cara penyelenggaraan jenazah.
36
Memahami hukum Islam tentang hukum keluarga.

Menjelaskan ketentuan hukum Islam tentang nikah, talaq, dan ruju’.
Disajikan deskripsi tentang pernikahan, peserta didik dapat menunjukkan syarat atau rukun nikah.
37
Disajikan deskripsi tentang permasalahan pernikahan, peserta didik dapat menentukan mahram, talaq, iddah, atau ruju’.
38
Menjelaskan ketentuan-keten­tuan hukum waris.

Menjelaskan ketentuan-ketentuan tentang ahli waris.
Disajikan narasi tentang ahli waris, peserta didik dapat menentukan bagian ahli waris.
39
Menghitung bagian masing-masing ahli waris.

Disajikan ilustrasi tentang contoh pembagian warisan, peserta didik dapat menghitung bagian masing-masing ahli waris.
40
 5

Memahami keteladanan Rasulullah  dalam membina umat periode Makkah.
Mendeskripsikan  substansi  dan  strategi
dakwah Rasulullah periode Makkah.
Disajikan sejarah singkat dakwah Rasulullah periode Mekah, peserta didik dapat menyimpulkan substansi dakwah Rasulullah di Makkah.
41
Disajikan sejarah singkat tentang dakwah Rasulullah periode Makkah, peserta didik mampu menunjukkan strategi dakwah Rasulullah periode Makkah.
42
Disajikan sebuah cerita tentang dakwah Rasulullah periode Makkah, siswa dapat menyimpulkan hikmahnya.
43
Memahami                  keteladanan Rasulullah                  dalam membina umat periode Madinah.
Mendeskripsikan                substansi                           dakwah
Rasulullah periode Madinah.
Disajikan sejarah singkat dakwah Rasulullah periode Madinah, peserta didik dapat menunjukkan substansi dakwah Rasulullah periode Madinah.
44
Disajikan sejarah singkat tentang dakwah Rasulullah periode Madinah, peserta  didik  mampu  menentukan strategi  dakwah Rasulullah periode Madinah
45
Disajikan sebuah cerita tentang dakwah Rasulullah periode Madinah, siswa dapat menyimpulkan nilai-nilai keteladanan dakwah Rasulullah periode Madinah.
46
Memahami perkembangan Islam di Indonesia.
Menjelaskan perkembangan Islam di Indonesia.
Disajikan  sejarah  perkembangan  Islam  di  Indonesia, peserta didik mampu menggambarkan perkembangan Islam dalam bidang seni dan budaya.
47
Disajikan sejarah perkembangan Islam di Indonesia, peserta didik dapat menganalisis peran umat Islam dalam merebut kemerdekaan Indonesia.
48
Memahami perkembangan Islam di dunia.
Mendeskripsikan perkembangan Islam di
dunia.
 Disajikan ilustrasi tentang perkembangan Islam di Dunia, siswa dapat menunjukkan salah satu bidang perkenbangan Islam di Dunia
49
Disajikan sejarah Islam di dunia, peserta didik dapat Menunjukkan salah satu bukti  perkembaangan Islam  di dunia dalam bidang peradaban.
50

                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                  


0 Response to "Kisi-kisi USB PAI SMK 2014/2015"

Post a Comment