Latest Updates

Semangat menuntut ilmu dan menyampaikannya kepada sesama



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP- 5)
KURIKULUM  2013


 Identitas Sekolah                          : SMK Panca Bhakti Banjarnegara
Identitas Mata Pelajaran               : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester                             : X / 1
Materi Pokok                                : Semangat menuntut ilmu dan menyampaikannya
          kepada sesama
                         Alokasi Waktu                                : 3x45 Menit
A.        Kompetensi Inti     
1.         Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.       Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual,prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.   Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.        Kompetensi Dasar
3.7 Memahami Q.S. At-Taubah (9) : 122 dan hadits terkait tentang semangat menuntut ilmu, menerapkan dan menyampaikan nya kepada sesama.
4.5 Menceritakan tokoh-tokoh teladan dalam semangat mencari ilmu

C.        Indikator Pencapaian Kompetensi 
1.        Mampu Memahami makna Q.S. At-Taubah (9) : 122 dan hadits terkait.
2.       Mampu menjelaskan pengertian Q.S. At-Taubah (9) : 122 dan hadits terkait
3.       Mampu Menyebutkan hukum bacaan/tajwidnya yang tertera dalam QS. At-Taubah (9) : 122
4.       Mampu menyebutkan tokoh-tokoh teladan dalam semangat mencari ilmu
5.       Menjelaskan fungsi dan manfaat ilmu
6.       Berperilaku yang mencerminkan kesadaran Q.S. At-Taubah (9) : 122 dan hadits terkait tentang semangat menuntut ilmu.

D.        Materi Pembelajaran
tentang Q.S. At-Taubah (9) : 122 dan hadits terkait tentang semangat menuntut ilmu, menerapkan dan menyampaikan nya kepada sesama

E.          Media Pembelajaran
Audio Visual dan Interaktif

F.       Sumber Belajar : Buku PAI Kls X Kemdikbud
Buku lain yang menunjang
Multimedia interaktif dan Internet
· Al-Qur’an
G.       Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu

Pendahuluan
·         Memberikan salam
·         Menanyakan kepada siswa kesiapan dan kenyamanan untuk belajar
·         Menanyakan kehadiran siswa
·         Mempersilakan salah satu siswa memimpin doa
·         Tanya jawab materi sebelumnya
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran melalui power point.

10 menit

Inti
·      Mengamati
-       Mencermati bacaan teks tentang Q.S. At-Taubah (9) : 122 dan hadits terkait tentang semangat menuntut ilmu, menerapkan dan menyampaikan nya kepada sesama
-       Meyimak penjelasan materi di atas melalui tayangan vidio atau media lainnya.
·      Menanya (memberi stimulus agar peserta didik bertanya)
-       Mengapa  harus menuntut ilmu?
-       Bagaimana cara menyampaikan ilmu kepada sesama?
·      Mengumpulkan data/eksplorasi
-       Peserta didik mendiskusikan makna dan contoh semangat menuntut ilmu, menerapkan dan menyampaikannya kepada sesama sebagai implementasi pemahaman kandungan  Q.S. at-Taubah (9) : 122 dan hadits terkait.
-       Guru mengamati perilaku  contoh semangat menuntut ilmu, menerapkan dan menyaampaikannya kepada sesama melalui lembar pengamatan di sekolah.
-       Guru berkolaborasi dengan orang tua untuk mengamati perilaku semangat menuntut ilmu, menerapkan dan menyaampaikannya kepada sesama di rumah.
·      Mengasosiasi
Membuat kesimpulan tentang semangat menuntut ilmu dan menyampaikannya kepada sesama.
·      Mengkomunikasikan
Mempresentasikan /menyampaikan hasil diskusi tentang semangat menuntut ilmu dan menyampaikannya kepada sesama

70 menit

Penutup

·         Klarifikasi/kesimpulan siswa dibantu oleh guru menyimpulkan materi
·         Evaluasi untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran
·         Siswa melakukan refleksi tentang pelaksanaan pembelajaran
·         Mengucapkan salam

10 menit

G.       Penilaian
1.        Prosedur     :
a.    Penilaian proses belajar mengajar oleh guru
b.    Penilaian hasil belajar (tes lisan/ tertulis berbentuk Esay)
2.        Alat Penilaian (Soal terlampir)

            
Mengetahui
Kepala Sekolah



Agus Supartono, SH,ST,MM
NIY. 850014

Banjarnegara,  Juni 2014
Pendidik Bidang Studi



M. Usman Fauzi, S.Ag.
NIY. 990060

                               


0 Response to "Semangat menuntut ilmu dan menyampaikannya kepada sesama"

Post a Comment