Latest Updates

Sikap Toleransi dan Menghindarkan Diri dari Bahaya Tindak Kekerasan

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Satuan Pendidikan           :  
Mata Pelajaran                 : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester               : XI / 1
Materi Pokok                   : Sikap Toleran dan Menghindarkan Diri dari Bahaya Tindak Kekerasan
Alokas Waktu                  : 9 X 45 Menit (3 pertemuan)

A.    Kompetensi Inti   :
1.         Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
2.         Menghayati dan mengamalkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.         Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan    wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.         Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.     Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar
Indikator
3.2 Menganalisis QS. Yunus (10): 40-41 dan Al-Maidah (5): 32, serta hadis tentang toleransi dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan.

4.3  Membaca QS. Yunus (10): 40-41 dan Al-Maidah (5): 32 sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf.


4.4 Mendemonstrasikan hafalan QS. Yunus (10): 40-41 dan Al-Maidah (5): 32 dengan lancar.
3.2.1. Siswa dapat engidentifikasi  bacaan  tajwid, makna  mufradat, dan isi  kandungan  QS. Yunus (10): 40-41 dan   Hadis  tentang  toleransi  dan  menghindarkan  diri dari  tindak  kekerasan
3.2.2 Siswa dapat mengidentifikasi  bacaan  tajwid, makna  mufradat, dan isi  kandungan  QS. Al Maidah (5):  32  dan  Hadis  tentang  toleransi  dan  menghindarkan  diri dari  tindak  kekerasan
4.3.1 Siswa dapat membaca QS. Yunus (10):40-41  dan   Hadis  tentang  toleransi  dan  menghindarkan  diri dari  tindak  kekerasan
4.3.2 Siswa dapat membaca   Al Maidah (5): 32  dan   Hadis  tentang  toleransi  dan  menghindarkan  diri dari  tindak  kekerasan
4.4.1 Siswa dapat mendemonstrasikan  hafalan   QS. Yunus (10):40-41  dan   Hadis  tentang  toleransi  dan  menghindarkan  diri dari  tindak  kekerasan
4.4.2 Siswa dapat mendemonstrasikan  hafalan    QS. Al Maidah (5): 32  dan   Hadis  tentang  toleransi  dan  menghindarkan  diri dari  tindak  kekerasan



C.    Materi Pembelajaran
1. Dalil Q.S Yunus (10): 40-41:
40. Di antara mereka ada orang-orang yang beriman kepada Al Quran, dan di antaranya ada (pula) orang-orang yang tidak beriman kepadanya. Tuhanmu lebih mengetahui tentang orang-orang yang berbuat kerusakan.
41. Jika mereka mendustakan kamu, Maka Katakanlah: "Bagiku pekerjaanku dan bagimu pekerjaanmu. kamu berlepas diri terhadap apa yang aku kerjakan dan akupun berlepas diri terhadap apa yang kamu kerjakan".

2. Dalil Q.S Al-Maidah (5): 32:  
32. Oleh karena itu Kami tetapkan (suatu hukum) bagi Bani Israil, bahwa: Barangsiapa yang membunuh seorang manusia, bukan karena orang itu (membunuh) orang lain[411], atau bukan karena membuat kerusakan dimuka bumi, Maka seakan-akan Dia telah membunuh manusia seluruhnya[412]. dan Barangsiapa yang memelihara kehidupan seorang manusia, Maka seolah-olah Dia telah memelihara kehidupan manusia semuanya. dan Sesungguhnya telah datang kepada mereka Rasul-rasul Kami dengan (membawa) keterangan-keterangan yang jelas, kemudian banyak diantara mereka sesudah itu[413] sungguh-sungguh melampaui batas dalam berbuat kerusakan dimuka bumi.

[411] Yakni: membunuh orang bukan karena qishaash.
[412] Hukum ini bukanlah mengenai Bani Israil saja, tetapi juga mengenai manusia seluruhnya. Allah memandang bahwa membunuh seseorang itu adalah sebagai membunuh manusia seluruhnya, karena orang seorang itu adalah anggota masyarakat dan karena membunuh seseorang berarti juga membunuh keturunannya.
[413] Ialah: sesudah kedatangan Rasul membawa keterangan yang nyata.

D.    Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
a.    Media          : Lembar Kerja, Power Point, Al-Qur’an Digital
b.    Alat             : Laptop dan LCD
c.    Sumber        : Tafsir al-Quran dan buku-buku hadits
   Buku pegangan siswa PAI SMA/SMK kelas X Erlangga 2013

E.      Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke 1

No.
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan
1.      Memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoa bersama.
2.      Mempersiapkan kelas agar lebih kondusif untuk memulai proses KBM
3.      Peserta didik menyiapkan kitab suci al-Qur’an
4.      Secara bersama bertadarus al-Qur’an  (selama 5-10 menit)
5.      Menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar serta indikator yang akan dicapai.
6.      Menanyakan informasi tentang taat kepada aturan, perilaku kompetitif dalam kebaikan, dan kerja keras (Appersepsi).


15 menit
2.
Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, pendidik dan para peserta didik melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut.
a.    Mengamati
ü  Menyimak bacaan Q.S. Yunus (10): 40-41 dan Al-Maidah (5): 32.
ü  Mencermati kaidah tajwid dan makharijul huruf dalam Q.S. Yunus (10): 40-41 dan Al-Maidah (5): 32.
ü  Mencermati Asbabun Nuzul dan Asbabun Wurud Q.S. Yunus (10): 40-41 dan Al-Maidah (5): 32 terhadap hadits terkait
b.    Menanya
ü  Menanyakan kaidah tajwid dan makharijul huruf dalam Q.S. Yunus (10): 40-41 dan Al-Maidah (5): 32
c.    Mengeksperimen/Mengexplorasi
ü  Mengidentifikasi kaidah tajwid dan makharijul huruf dalam Q.S. Yunus (10): 40-41 dan Al-Maidah (5): 32
ü  Menjabarkan Asbabun nuzul dan Asbabul Wurud Q.S. An-Nisa (4): 59 dan QS Al-Ma’idah (5): 48
d.    Asosiasi
ü  Membuat kesimpulan kaidah tajwid dan makharijul huruf dalam Q.S. Yunus (10): 40-41 dan Al-Maidah (5): 32
ü  Membuat kesimpulan asbabun nuzul dan asbabul wurud Q.S. Yunus (10): 40-41 dan Al-Maidah (5): 32
e.    Komunikasi.
ü  Menpresentasikan kaidah tajwid dan makharijul huruf dalam Q.S. An-Nisa (4): 59 dan QS Al-Ma’idah (5): 48
ü  Menyampaikan hasil diskusi tentang kaidah tajwid dan makharijul huruf dalam Q.S. An-Nisa (4): 59 dan QS Al-Ma’idah (5): 48
ü  Menpresentasikan penjabaran Asbabun Nuzul dan Asbabul Wurud Q.S. Yunus (10): 40-41 dan Al-Maidah (5): 32

100 menit
3.
Penutup
ü  Pendidik meminta agar para peserta didik sekali lagi membaca  Q.S. Yunus (10): 40-41 dan Al-Maidah (5): 32 sebagai penutup materi pembelajaran;
ü  Pendidik meminta agar para peserta didik membiasakan membaca Q.S. Yunus (10): 40-41 dan Al-Maidah (5): 32 dalam shalat.
ü  Pendidik menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doa.
ü  Pendidik mengucapkan salam kepada para peserta didik sebelum keluar kelas dan peserta didik menjawab salam.

 20 menit


Pertemuan ke 2

No.
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan
1.      Memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoa bersama.
2.      Mempersiapkan kelas agar lebih kondusif untuk memulai proses KBM
3.      Peserta didik menyiapkan kitab suci al-Qur’an
4.      Secara bersama bertadarus al-Qur’an  (selama 5-10 menit)
5.      Menanyakan materi yang pernah diajarkan (Appersepsi).


15 menit
2.
Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, pendidik dan para peserta didik melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut.
a.      Mengamati
ü  Menyimak bacaan Q.S. Yunus (10): 40-41 dan Al-Maidah (5): 32
ü  Mencermati isi kandungan Q.S. Yunus (10): 40-41 dan Al-Maidah (5): 32
b.    Menanya
ü  Menanyakan pendapat siswa tentang isi kandungan Q.S. Yunus (10): 40-41 dan Al-Maidah (5): 32
c.   Mengeksperimen/Mengexplorasi
ü  Menganalisis kandungan Q.S. Yunus (10): 40-41 dan Al-Maidah (5): 32
ü  Mengaitkan isi kandungan dengan kondisi sosial lingkungan
d.   Asosiasi
ü  Membuat kesimpulan isi kandungan Q.S. Yunus (10): 40-41 dan Al-Maidah (5): 32
f.     Komunikasi.
ü  Mempresentasikan hasil diskusi tenatang isi kandungan Q.S. Yunus (10): 40-41 dan Al-Maidah (5): 32
ü  Mengklarifikasikan hasil penemuan siswa atas analisis kandungan Q.S. Yunus (10): 40-41 dan Al-Maidah (5): 32 yang dikaitkan dengan kondisi sosial lingkungan.

100  menit
3.
Penutup
ü  Pendidik meminta agar para peserta didik sekali lagi membaca Q.S. Yunus (10): 40-41 dan Al-Maidah (5): 32 sebagai penutup materi pembelajaran;
ü  Pendidik meminta agar para peserta didik membiasakan perilaku yang mencerminkan kandungan Q.S. Yunus (10): 40-41 dan Al-Maidah (5): 32.
ü  Pendidik menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doa.
ü  Pendidik mengucapkan salam kepada para peserta didik sebelum keluar kelas dan peserta didik menjawab salam.


25 menit

Pertemuan ke 3

No.
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan
1.    Memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoa bersama.
2.    Mempersiapkan kelas agar lebih kondusif untuk memulai proses KBM
3.    Peserta didik menyiapkan kitab suci al-Qur’an
4.    Secara bersama bertadarus al-Qur’an  (selama 5-10 menit)
5.    Menanyakan materi yang pernah diajarkan (Appersepsi).


15 menit
2.
Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, pendidik dan para peserta didik melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut.
a.    Mengamati
ü  Menyimak bacaan Q.S. Yunus (10): 40-41 dan Al-Maidah (5): 32
ü  Mencermati sikap perilaku yang sesuai Q.S. Yunus (10): 40-41 dan Al-Maidah (5): 32
ü  Mencermati hikmah bersikap toleran dan menghindarkan diri dari perilaku tindak kekerasan
b.    Menanya
ü  Menanyakan pendapat siswa tentang perilaku kondisi sosial yang sesuai dan bertolak belakang dai isi kandungan Q.S. Yunus (10): 40-41 dan Al-Maidah (5): 32
c.   Mengeksperimen/Mengexplorasi
ü  Menganalisis perilaku yang sesuai dengan Q.S. Yunus (10): 40-41 dan Al-Maidah (5): 32
ü  Mengidentifikasi kondisi sosial yang sesuai dan bertentangan dengan Q.S. Yunus (10): 40-41 dan Al-Maidah (5): 32
ü  Menggali hikmah bersikap toleran dan menghindarkan diri dari perilaku tindak kekerasan
d.   Asosiasi
ü  Membuat kesimpulan perilaku yang sesuai dengan Q.S. Yunus (10): 40-41 dan Al-Maidah (5): 32
ü  Membuat kesimpulan hikmah sikap toleran dan menghindarkan diri dari perilaku tindak kekerasan
g.    Komunikasi.
ü  Mempresentasikan hasil analisis perilaku yang sesuai Q.S. Yunus (10): 40-41 dan Al-Maidah (5): 32
ü  Mempresentasikan hikmah sikap toleran dan menghindarkan diri dari perilaku tindak kekerasan


100 menit
3.
Penutup
ü  Pendidik meminta agar para peserta didik sekali lagi membaca hikmah sikap toleran dan menghindarkan diri dari perilaku tindak kekerasan  sebagai penutup materi pembelajaran;
ü  Pendidik meminta agar para peserta didik membiasakan menerapkan perilaku yang sesuai Q.S. Yunus (10): 40-41 dan Al-Maidah (5): 32 dalam kehidupan sehari-hari
ü  Pendidik menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doa.
ü  Pendidik mengucapkan salam kepada para peserta didik sebelum keluar kelas dan peserta didik menjawab salam.


25 menit

F.     Penilaian Hasil Belajar

1.      Tes (tulis)

NO.
Soal
Kunci Jawaban
1
Identifikasikan hukum bacaan tajwid dalam Q.S. An-Nisa (4): 59, Al-Maidah (5): 48, dan At-Taubah (9): 105

2
Jelaskan isi kandungan yang terdapat dalam Q.S. Yunus (10): 40-41 dan Al-Maidah (5): 32

3
Jabarkan perilaku yang sesuai dengan Q.S. Yunus (10): 40-41 dan Al-Maidah (5): 32.

4
Hikmah bersikap toleran dan menghindarkan diri dari perilaku tindak kekerasan
-          Menghindari terjadinya perpecahan
-          Memperkokoh silaturahmi dan menerima perbedaan

2.      Tes Lisan

No.
Nama siswa
Aktivitas dalam diskusi
Partisipasi dalam diskusi
kerjasama
Total nilai
1





2





3





4





5






Keterangan :                                                                       Skor Tes lisan :           
•      Mempresentasikan sangat baik                                    = 80 – 90 = A
•      Mempresentasikan baik                                               = 70 – 79 = B
•      Mempresentasikan kurang baik                                   = 60 – 69 = C
•      Mempresentasikan tidak lancar                                    = 50 – 59 = D
•      Tidak dapat mempresentasikan                                                    = kurang dari 50 = E


3.  Non tes
·         Tugas : mengidentifikasi manfaat dan hikmah perilaku bersikap toleran dan menghindarkan diri dari perilaku tindak kekrasan
·         Observasi (mengamati perilaku toleran dan menghindarkan diri dari perilaku tindak kekrasan  terhadap teman sejawat atau orang lain;
·         Portofolio (tugas dan observasi dikerjakan di lembar kerja dan diserahkan kepada pendidik).


Banjarnegara,  Agustus 2014
Mengetahui,                                                                     
Kepala SMK                                                                     Guru Pendidikan Agama Islam


0 Response to "Sikap Toleransi dan Menghindarkan Diri dari Bahaya Tindak Kekerasan"

Post a Comment