KISI-KISI SOAL
UTAMA
UJIAN SEKOLAH
BERSTANDAR (USB) PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
SMK (SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN)
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
No
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KEMAMPUAN
YANG DIUJI
|
INDIKATOR
|
NO SOAL
|
1
|
Memahami ayat- ayat
Al-Qur’an tentang manusia dan tugasnya sebagai khalifah.
|
Membaca QS.
Al Baqarah: 30, QS. Al Mukminun:
12-14, QS. Adz Dzariyat: 56 dan QS. Al
Hajj: 5 yang menjelaskan tentang fungsí dan tugas manusia sebagai khalifah di
muka bumi.
|
Disajikan kutipan
salah satu ayat tentang fungsí dan tugas manusia sebagai khalifah di muka
bumi yang tidak lengkap, peserta didik dapat melengkapi bacaan teks
ayat tersebut.
|
1
|
Ditampilkan kutipan salah satu ayat tentang manusia dan tugasnya sebagai khalifah, peserta didik dapat mengidentifikasi tajwid yang
terdapat pada ayat
yang digarisbawahi
|
2
|
|||
Menyebutkan
Arti QS. Al Baqarah: 30, QS. Al Mukminun:
12-14, Adz Dzariyat: 56 dan QS. Al-Hajj: 5 yang menjelaskan tentang fungsí dan tugas manusia sebagai khalifah di
muka bumi.
|
Ditampilkan kutipan salah satu ayat tentang fungsí dan tugas manusia
sebagai khalifah di muka bumi, peserta didik dapat menentukan
arti penggalan ayat yang
digarisbawahi.
|
3
|
||
Menampilkan perilaku sebagai
khalifah di muka bumi seperti yang terkandung dalam QS. Al
Baqarah: 30, QS. Al Mukminun: 12-14,
Adz-Dzariyat: 56 dan QS. AlHajj: 5.
|
Ditampilkan
narasi tentang tugas manusia
sebagai kholifah di bumi, peserta
didik dapat menunjukkan perilaku yang
terkandung dalam QS. Al Baqarah: 30, QS. Al Mukminun:
12-14, Adz-Dzariyat: 56 dan QS. AlHajj: 5.
|
4
|
||
|
Memahami ayat-ayat AlQur’an tentang demokrasi.
|
Membaca QS. Ali Imran: 159 dan QS. Asy Syura: 38 tentang demokrasi.
|
Ditampilkan kutipan salah satu ayat tentang demokrasi, peserta didik dapat mengidentifikasi tajwid
yang terdapat dalam ayat yang digarisbawahi.
|
5
|
Menampilkan perilaku demokrasi seperti terkandung
dalam QS. Ali Imran: 159 dan QS. Asy
Syura: 38.
|
Ditampilkan
wacana tentang pola hidup demokrasi, peserta didik dapat menentukan contoh perilaku
demokrasi seperti yang terkandung dalam QS. Ali Imran:
159 atau QS. Asy Syura : 38.
|
6
|
||
Menunjukkan artikata dari QS. Ali
Imran: 159 dan QS. Asy Syura: 38 tentang demokrasi.
|
Ditampilkan kutipan salah satu ayat tentang demrokasi, peserta didik dapat menentukan
arti penggalan ayat yang
digarisbawahi.
|
7
|
||
|
Memahami
ayat-ayat Al Qur’an tentang pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
|
Membaca QS. Yunus:
101 dan QS. Al-Baqarah: 164 yang menjelaskan
tentang pengembangan ilmu pengetahuan dan tehnologi.
|
Ditampilkan
penggalan salah satu ayat tentang pengembangan ilmu pengetahuan dan teknlogi secara
acak, peserta didik dapat menyusun secara benar ayat tersebut.
|
8
|
|
|
Menjelaskan QS. Yunus:
101 dan QS. Al-Baqarah: 164 tentang pengembangan ilmu pengetahuan dan tehnologi.
|
Disajikan kutipan salah satu ayat
tentang pengembangan ilmu pengetahuan, peserta didik dapat menentukan isi kandungan ayat tersebut.
|
9
|
Menampilkan
perilaku yang mencerminkan kandungan isi QS. Yunus :
101 dan QS. Al-Baqarah : 164.
|
Ditampilkan wacana tentang pengembangan
iptek, peserta didik dapat menunjukkan
contoh perilaku positif dalam
pengembangan iptek yang sesuai dengan QS. Yunus : 101 atau QS. AlBaqarah : 164.
|
10
|
||
2
|
Meningkatkan keimanan kepada Allah melalui
pemahaman sifat-sifatNya dalam Asmaul Husna
|
Menyebutkan 10 sifat Allah SWT dalam Asmaul
Husna
|
Disajikan wacana tentang sifat Allah SWT, peserta didik dapat
menilai wacana yang sesuai dengan salah satu dari 10 sifat Allah SWT yang
berkaitan dengan Asmaul Husna
|
11
|
Menampilkan perilaku yang mencerminkan
keimanan kepada Allah SWT melalui pemahaman sifat-sifatNya dalam asmaul Husna
|
Disajikan pernyataan tentang sifat Allah SWT, peserta didik dapat
mengidentifikasi sikap manusia yang berkaitan dengan 10 Asmaul Husna
|
12
|
||
Disajikan ilustrasi tentang peristiwa alam, peserta didik dapat
menentukan contoh perilaku yang mencerminkan keimanan kepada Allah SWT
|
13
|
|||
|
Meningkatkan keimanan kepada Malaikat.
|
Menampilkan
perilaku yang mencerminkan beriman kepada malaikat dalam kehidupan
sehari-hari
|
Disajikan pengertian beriman kepada malaikat, peserta didik dapat
menentukan contoh perilaku yang mencerminkan iman kepada malaikat dalam
kehidupan sehari-hari
|
14
15
|
Menjelaskan
tanda-tanda beriman kepada malaikat
|
Disajikan ilustrasi tentang kehidupan sehari-hari, peserta didik
dapat menjelaskan tanda-tanda beriman kepada malaikat
|
|||
|
Meningkatkan Keimanan kepada Kitab-Kitab Allah SWT
|
Menjelaskan hikmah beriman
kepada kitab-kitab Allah SWT
|
Disajikan ilustrasi tentang kehidupan manusia yang beriman kepada
kitab-kitab Allah SWT, peserta didik dapat menentukan hikmah beriman kepada
Al Qur’an
|
16
|
|
Meningkatkan Keimanan kepada Rasul-Rasul Allah SWT
|
Menunjukkan contoh-contoh beriman kepada Rasul-Rasul Allah SWT
|
Disajikan ilustrasi tentang kehidupan Rasul, peserta didik dapat
menunjukkan contoh perilaku Rasul yang harus diteladani
|
17
18
|
Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan kepada
Rasul-Rasul allah SWT dalam kehidupan sehari-hari
|
Disajikan contoh kasus tentang kehidupan di masyarakat, peserta
didik dapat mengidentifikasi sikap beriman kepada Rasul-Rasul Allah
|
|||
|
Meningkatkan Keimanan Kepada Hari akhir
|
Menampilkan perilaku yang
mencerminkan keimanan kepada Hari Akhir
|
Ditampilkan narasi tentang Hari Akhir, peserta didik dapat
menentukan perilaku yang mencerminkan beriman kepada Hari akhir
|
19
|
|
Meningkatkan Keimanan kepada Qada dan Qadar
|
Menjelaskan hikmah beriman kepada Qadla dan Qadar
|
Disajikan ilustrasi tentang kehidupan manusia, peserta didik
dapat menjelaskan hikmah beriman kepada Qadla dan Qadar
|
20
|
3
|
Berperilaku terpuji dan meninggalkan
perilaku tercela.
|
Menjelaskan hikmah yang berkaitan dengan husnuzan
|
Disajikan narasi tentang husnuzan, peserta didik
dapat menunjukkan salah satu hikmah yang berkaitan dengan husnuzan
|
21
|
Menganalisis contoh perilaku husnuzan terhadap Allah
|
Disajikan ilustrasi tentang kehidupan seseorang,
peserta didik dapat mengenali contoh perilaku husnuzan terhadap Allah
|
22
|
||
Menunjukkan hal-hal yang berkaitan dengan taubat
|
Ditampilkan ilustrasi tentang perilaku perbuatan dosa,
peserta didik dapat menjelaskan hal-hal yang berkaitan dengan taubat
|
23
|
||
Menjelaskan cara-cara taubat
|
Disajikan narasi tentang cara cara bertaubat, peserta
didik dapat mengurutkan cara-cara bertaubat dengan benar
|
24
|
||
Menunjukkan hal-hal yang berkaitan dengan raja’
|
Disajikan contoh perilaku raja, peserta didik dapat
menunjukkan hal-hal yang berkaitan dengan raja’
|
25
|
||
Menjelaskan hikmah perilaku raja’
|
Disajikan pernyataan tentang perilaku raja, peserta
didik dapat menjelaskan hikmah perilaku raja’
|
26
|
||
Menunjukkan perilaku israf
|
Disajikan ilustrasi tentang israf, peserta didik
dapat menunjukkan perilaku israf
|
27
|
||
Menjelaskan cara menghindari perilaku tabdzir
|
Disajikan pernyataan tabdzir, peserta didik dapat
menjelaskan cara menghindari perilaku tabzir
|
28
|
||
Menunjukkan manfaat menghindari tabzir.
|
Disajikan narasi tentang tabdzir, peserta didik dapat
menunjukkan manfaat menghindari tabzir.
|
29
|
||
Mengidentifikasi perilaku fitnah
|
Disajikan ilustrasi tentang perilaku tercela, peserta
didik dapat mengidentifikasi perilaku fitnah
|
30
|
||
4.
|
Memahami
sumber hukum Islam, hukum taklifi, dan hikmah ibadah.
|
Menentukan
pengertian, kedudukan dan fungsi Al-Qur’an, Al-Hadits, Ijtihad sebagai
sumber hukum Islam dan hukum taklifi.
|
Disajikan
tabel tentang sumber-sumber hukum Islam, peserta didik dapat mengidentifikasi
pengertian salah satu sumber hukum
Islam.
|
31
|
Disajikan
ilustrasi permasalahan fiqh yang berkembang di masyarakat, peserta didik
dapat menyimpulkan fungsi Al-Qur’an,
Al-Hadits, atau Ijtihad sebagai sumber hukum Islam.
|
32
|
|||
Memahami
hukum Islam tentang infak, zakat, haji dan wakaf.
|
Menjelaskan
ketentuan syar’i tentang infak, zakat, dan
wakaf.
|
Disajikan
deskripsi tentang infak, zakat, atau wakaf, peserta
didik dapat mengidentifikasi ketentuan infak, zakat, atau wakaf.
|
33
|
|
Memahami
hukum Islam tentang muamalah.
|
Menjelaskan
asas-asas transaksi ekonomi dalam Islam.
|
Disajikan deskripsi bentuk jual beli, peserta didik dapat
menentukan bentuk jual beli sesuai asas-asas transaksi ekonomi dalam Islam.
|
34
|
|
Disajikan
ilustrasi tentang syirkah, peserta didik dapat menyimpulkan salah satu macam
syirkah.
|
35
|
|||
Memahami
ketentuan hukum Islam tentang pengurusan jenazah.
|
Menjelaskan
tatacara pengurusan
jenazah.
|
Disajikan
ilustrasi tentang penyelenggaraan jenazah, peserta didik dapat mengurutkan
tata cara penyelenggaraan jenazah.
|
36
|
|
Memahami
hukum Islam tentang hukum keluarga.
|
Menjelaskan
ketentuan hukum Islam tentang nikah, talaq, dan ruju’.
|
Disajikan
deskripsi tentang pernikahan, peserta didik dapat menunjukkan syarat atau
rukun nikah.
|
37
|
|
Disajikan
deskripsi tentang permasalahan pernikahan, peserta didik dapat menentukan
mahram, talaq, iddah, atau ruju’.
|
38
|
|||
Menjelaskan
ketentuan-ketentuan hukum waris.
|
Menjelaskan
ketentuan-ketentuan tentang ahli waris.
|
Disajikan
narasi tentang ahli waris, peserta didik dapat menentukan bagian ahli waris.
|
39
|
|
Menghitung
bagian masing-masing ahli waris.
|
Disajikan
ilustrasi tentang contoh pembagian warisan, peserta didik dapat menghitung
bagian masing-masing ahli waris.
|
40
|
||
5
|
Memahami keteladanan Rasulullah dalam membina
umat periode Makkah.
|
Mendeskripsikan substansi
dan
strategi
dakwah Rasulullah periode Makkah.
|
Disajikan sejarah
singkat dakwah Rasulullah periode
Mekah, peserta didik dapat menyimpulkan substansi dakwah Rasulullah di Makkah.
|
41
|
Disajikan sejarah
singkat tentang dakwah Rasulullah periode Makkah, peserta didik
mampu menunjukkan strategi dakwah Rasulullah periode Makkah.
|
42
|
|||
Disajikan sebuah
cerita tentang dakwah Rasulullah periode Makkah, siswa dapat menyimpulkan
hikmahnya.
|
43
|
|||
Memahami keteladanan
Rasulullah dalam membina
umat
periode Madinah.
|
Mendeskripsikan substansi dakwah
Rasulullah
periode Madinah.
|
Disajikan sejarah singkat dakwah Rasulullah periode
Madinah,
peserta didik dapat menunjukkan
substansi dakwah Rasulullah
periode Madinah.
|
44
|
|
Disajikan sejarah singkat tentang dakwah
Rasulullah periode Madinah, peserta didik mampu menentukan
strategi dakwah Rasulullah periode Madinah
|
45
|
|||
Disajikan sebuah
cerita tentang dakwah Rasulullah periode Madinah, siswa dapat menyimpulkan
nilai-nilai keteladanan dakwah Rasulullah periode Madinah.
|
46
|
|||
Memahami perkembangan Islam di Indonesia.
|
Menjelaskan perkembangan Islam di Indonesia.
|
Disajikan sejarah perkembangan Islam
di Indonesia,
peserta didik mampu menggambarkan perkembangan Islam dalam
bidang seni dan budaya.
|
47
|
|
Disajikan sejarah perkembangan Islam di Indonesia, peserta didik dapat
menganalisis peran umat Islam dalam merebut kemerdekaan Indonesia.
|
48
|
|||
Memahami perkembangan Islam di dunia.
|
Mendeskripsikan perkembangan Islam
di
dunia.
|
Disajikan ilustrasi tentang
perkembangan Islam di Dunia, siswa dapat menunjukkan salah satu bidang
perkenbangan Islam di Dunia
|
49
|
|
Disajikan sejarah Islam di dunia, peserta didik
dapat Menunjukkan salah satu bukti perkembaangan Islam di dunia
dalam bidang peradaban.
|
50
|
0 Response to "Kisi-kisi USB PAI SMK 2014/2015"
Post a Comment