RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
TAHUN
PELAJARAN 2014/2015
Satuan Pendidikan :
SMK
PANCA
BHAKTI BANJARNEGARA
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam Dan
Budi Pekerti
Topik :
Perilaku menghindarkan diri dari pergaulan bebas dan
perbuatan zina
Materi
Pokok : Q.S. Al-Isra’ (17) : 32, dan Q.S. An-Nur (24) : 2, serta
hadits
Kelas
/ Semester :
X/ 1 (Gasal)
Alokasi Waktu :
4 X
3 Jam Pelajaran
Jumlah Pertemuan :
4 x Pertemuan
A. Kompetensi Inti
1 ( KI 1) Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
(KI 2)
Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun,
ramah lingkungan, gotong royong,
kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
(KI 3) Memahami dan menerapkan
pengetahuan faktual, konseptual,prosedural
dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
(KI 4) Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
3.3 Menganalisis Q.S. Al-Isra’ (17) :
32, dan Q.S. An-Nur (24) : 2, serta hadits tentang larangan pergaulan bebas dan
perbuatan zina.
3.4 Manfaat
dan hikmah larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina.
4.2.1
Membaca Q.S. Al-Isra’ (17) : 32, dan Q.S. An-Nur (24) : 2
sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf.
4.2.2
Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Al-Isra’ (17) : 32, dan
Q.S. An-Nur (24) : 2 dengan lancar
Indikator
Pencapaian Kompetensi
3.3
Peserta
didik dapat menganalisis hukum bacaan dari Q.S. Al-Isra’ (17) : 32, dan Q.S.
An-Nur (24) : 2.
3.4
Peserta
didik dapat memahami manfaat dan hikmah larangan pergaulan bebas
dan perbuatan zina.
4.2.1
Peserta
didik dapat membaca Q.S. Al-Isra’ (17) : 32, dan Q.S. An-Nur (24) : 2 dan
hadist sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf.
4.2.2
Peserta
didik dapat mendemonstrasikan hafalan Q.S. Al-Isra’ (17) : 32, dan Q.S. An-Nur
(24) : 2dan hadist dengan lancar.
C. Materi Ajar
Q.S. Al-Isra’
(17) : 32, dan Q.S. An-Nur (24) : 2, serta hadits (terlampir)
D.
Media
Pembelajaran
· Al
Qur’an
· Power point, Video, LCD, Laptop
E.
Sumber
Belajar :
·
Buku
PAI Kls X Kemdikbud
· Al-Quran dan Al-Hadits
· Buku tajwid
· Kitab tafsir Al-Qur’an
· Buku lain yang menunjang
· Multimedia interaktif dan Internet
F. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuam 1:
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Memberikan salam
·
Menanyakan kepada siswa kesiapan dan kenyamanan
untuk belajar
·
Menanyakan kehadiran siswa
·
Mempersilakan salah satu siswa memimpin doa
·
Tanya jawab materi sebelumnya
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran melalui power
point.
|
10 menit
|
Inti
|
·
Mengamati
-
Menyimak bacaan, mengidentifikasi hukum bacaan (tajwid),
dan mencermati kandungan Q.S. Al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. An-Nur (24): 2, serta hadits terkait.
·
Menanya
-
Menanyakan cara membaca hukum tajwid, asbabun nuzul, dan
isi kandungan Q.S. Al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. An-Nur (24): 2, serta hadits terkait
·
Mengumpulkan data/eksplorasi
Mendiskusikan hukum bacaan yang terdapat
dalam Q.S. Al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. An-Nur (24): 2, serta hadits terkait.
·
Mengasosiasi
Mengidentifikasi hukum bacaan yang terdapat dalam Q.S. Al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. An-Nur (24): 2.
·
Mengkomunikasikan:
Mendemonstrasikan hukum bacaan yang
terdapat dalam Q.S.
Al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. An-Nur (24):
2.
|
70 menit
|
Penutup
|
·
Klarifikasi/kesimpulan siswa dibantu oleh guru
menyimpulkan materi
·
Evaluasi untuk mengukur ketercapaian tujuan
pembelajaran
·
Siswa melakukan refleksi tentang pelaksanaan
pembelajaran
·
Mengucapkan salam
|
10 menit
|
Pertemuan ke 2
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Memberikan salam
·
Menanyakan kepada siswa kesiapan dan kenyamanan
untuk belajar
·
Menanyakan kehadiran siswa
·
Mempersilakan salah satu siswa memimpin doa
·
Tanya jawab materi sebelumnya
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran melalui power
point.
|
10 menit
|
Inti
|
·
Mengamati
-
Menyimak bacaan Q.S. Al-Isra’
(17): 32, dan Q.S. An-Nur (24): 2 dan
hadits terkait beserta terjemah.
-
Mencermati manfaat dan hikmah larangan pergaulan bebas
dan perbuatan zina melalui tayangan video atau media lainnya.
·
Menanya
·
Menanyakan asbabun nuzul, dan isi kandungan Q.S. Al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. An-Nur (24): 2, serta hadits terkait
·
Mengumpulkan data/eksplorasi
Mendiskusikan kandungan Q.S. Al-Isra’
(17): 32, dan Q.S. An-Nur (24): 2,
serta hadits terkait
·
Mengasosiasi
Membuat kesimpulan dari kandungan Q.S. Al-Isra’
(17): 32, dan Q.S. An-Nur (24): 2,
serta hadits terkait
·
Mengkomunikasikan:
Menyampaikan hasil diskusi tentang kandungan Q.S.
Al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. An-Nur (24):
2, serta hadits terkait secara individu maupun kelompok
|
70 menit
|
Penutup
|
·
Klarifikasi/kesimpulan siswa dibantu oleh guru
menyimpulkan materi
·
Evaluasi untuk mengukur ketercapaian tujuan
pembelajaran
·
Siswa melakukan refleksi tentang pelaksanaan
pembelajaran
·
Mengucapkan salam
|
10 menit
|
Pertemuan ke 3
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasiwaktu
|
Pendahuluan
|
·
Memberikan salam
·
Menanyakan kepada siswa kesiapan dan kenyamanan
untuk belajar
·
Menanyakan kehadiran siswa
·
Mempersilakan salah satu siswa memimpin doa
·
Tanya jawab materi sebelumnya
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran melalui power
point.
|
10 menit
|
Inti
|
·
Mengamati
-
Menyimak bacaan Q.S. Al-Isra’
(17): 32, dan Q.S. An-Nur (24): 2,
serta hadits terkait.
·
Mencermati hukum
bacaan yang terdapat dalam Q.S. Al-Isra’
(17): 32, dan Q.S. An-Nur (24): 2.
·
Menanya
Menanyakan cara membaca yang baik
dan benar dari Q.S. Al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. An-Nur (24): 2, serta hadits terkait
·
Mengumpulkan data/eksplorasi
Membacakan Q.S. Al-Isra’
(17): 32, dan Q.S. An-Nur (24): 2
sesuai kaidah tajwid, serta hadits terkait.
·
Mengasosiasi
Menyimpulkan cara membaca yang baik dan benar Q.S. Al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. An-Nur (24): 2, serta hadits terkait
·
Mengkomunikasikan:
Mendemonstrasikan bacaan Q.S. Al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. An-Nur (24): 2, serta hadits terkait secara individu maupun
kelompok
|
70 menit
|
Penutup
|
·
Klarifikasi/kesimpulan siswa dibantu oleh guru
menyimpulkan materi
·
Evaluasi untuk mengukur ketercapaian tujuan
pembelajaran
·
Siswa melakukan refleksi tentang pelaksanaan
pembelajaran
·
Mengucapkan salam
|
10 menit
|
Pertemuan ke 4
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasiwaktu
|
Pendahuluan
|
·
Memberikan salam
·
Menanyakan kepada siswa kesiapan dan kenyamanan
untuk belajar
·
Menanyakan kehadiran siswa
·
Mempersilakan salah satu siswa memimpin doa
·
Tanya jawab materi sebelumnya
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran melalui power
point.
|
10 menit
|
Inti
|
·
Mengamati
-
Menyimak bacaan dari beberapa qori’ dari Q.S.
Al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. An-Nur (24):
2, serta hadits terkait.
·
Menanya
-
Menanyakan cara membaca yang paling baik dari Q.S.
Al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. An-Nur (24):
2, serta hadits terkait
·
Mengumpulkan data/eksplorasi
Mendiskusikan cara membaca yang baik dari Q.S. Al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. An-Nur (24): 2, serta hadits terkait.
·
Mengasosiasi
Mengidentifikasi cara membaca yang baik dari Q.S. Al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. An-Nur (24): 2.
·
Mengkomunikasikan:
Mendemonstrasikan bacaan (hafalan) Q.S.
Al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. An-Nur (24):
2.
|
75 menit
|
Penutup
|
·
Klarifikasi/kesimpulan siswa dibantu oleh guru
menyimpulkan materi
·
Evaluasi untuk mengukur ketercapaian tujuan
pembelajaran
·
Siswa melakukan refleksi tentang pelaksanaan
pembelajaran
·
Mengucapkan salam
|
5 menit
|
G. Penilaian
1. Prosedur :
a. Penilaian
proses belajar mengajar oleh guru
b. Penilaian hasil
belajar (tes lisan/ tertulis berbentuk Esay)
2. Alat
Penilaian (Soal terlampir)
Banjarnegara, 14 Juli 2014
Memeriksa,
WK. Kurikulum
Asep Yogaswara S., S.Pd.
NIY. 960045
|
Guru Mata
Pelajaran
Pendidkan
Agama Islam dan Budi Pekerti
M. Usman Fauzi, S.Ag.
NIY. 990060
|
Mengetahui,
Kepala SMK
Agus Supartono, SH,ST,MM.
NIY. 85-0014
|
0 Response to "RPP Kelas X : Perilaku menghindarkan diri dari pergaulan bebas dan perbuatan zina"
Post a Comment