RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Satuan Pendidikan :
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : XI / 1
Materi
Pokok : Sikap Toleran dan Menghindarkan
Diri dari Bahaya Tindak Kekerasan
Alokas Waktu : 9 X 45 Menit (3 pertemuan)
A.
Kompetensi
Inti :
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku (jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai,
responsif dan pro aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian
yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
3.2 Menganalisis QS. Yunus (10): 40-41 dan
Al-Maidah (5): 32, serta hadis tentang toleransi dan menghindarkan diri dari
tindak kekerasan.
4.3 Membaca QS. Yunus (10): 40-41 dan Al-Maidah
(5): 32 sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf.
4.4 Mendemonstrasikan
hafalan QS.
Yunus (10): 40-41 dan Al-Maidah (5): 32 dengan lancar.
|
3.2.1. Siswa dapat
engidentifikasi bacaan tajwid, makna mufradat, dan isi kandungan
QS. Yunus (10): 40-41 dan
Hadis tentang toleransi
dan menghindarkan diri dari
tindak kekerasan
3.2.2 Siswa dapat mengidentifikasi bacaan
tajwid, makna mufradat, dan
isi kandungan QS. Al Maidah (5): 32
dan Hadis tentang
toleransi dan menghindarkan diri dari
tindak kekerasan
4.3.1 Siswa dapat membaca QS. Yunus
(10):40-41 dan Hadis
tentang toleransi dan
menghindarkan diri dari tindak
kekerasan
4.3.2 Siswa dapat membaca Al
Maidah (5): 32 dan Hadis
tentang toleransi dan
menghindarkan diri dari tindak
kekerasan
4.4.1 Siswa dapat mendemonstrasikan hafalan QS. Yunus (10):40-41
dan Hadis tentang
toleransi dan menghindarkan diri dari
tindak kekerasan
4.4.2 Siswa dapat mendemonstrasikan hafalan QS. Al Maidah (5): 32 dan Hadis
tentang toleransi dan
menghindarkan diri dari tindak
kekerasan
|
C.
Materi Pembelajaran
1.
Dalil Q.S Yunus (10): 40-41:
40. Di antara mereka ada orang-orang yang
beriman kepada Al Quran, dan di antaranya ada (pula) orang-orang yang tidak
beriman kepadanya. Tuhanmu lebih mengetahui tentang orang-orang yang berbuat
kerusakan.
41. Jika mereka mendustakan kamu, Maka
Katakanlah: "Bagiku pekerjaanku dan bagimu pekerjaanmu. kamu berlepas diri
terhadap apa yang aku kerjakan dan akupun berlepas diri terhadap apa yang kamu
kerjakan".
2. Dalil Q.S Al-Maidah (5): 32:
32. Oleh karena itu Kami tetapkan (suatu
hukum) bagi Bani Israil, bahwa: Barangsiapa yang membunuh seorang manusia,
bukan karena orang itu (membunuh) orang lain[411], atau bukan karena membuat
kerusakan dimuka bumi, Maka seakan-akan Dia telah membunuh manusia
seluruhnya[412]. dan Barangsiapa yang memelihara kehidupan seorang manusia,
Maka seolah-olah Dia telah memelihara kehidupan manusia semuanya. dan
Sesungguhnya telah datang kepada mereka Rasul-rasul Kami dengan (membawa)
keterangan-keterangan yang jelas, kemudian banyak diantara mereka sesudah
itu[413] sungguh-sungguh melampaui batas dalam berbuat kerusakan dimuka bumi.
[411] Yakni: membunuh orang bukan karena
qishaash.
[412] Hukum ini bukanlah mengenai Bani Israil
saja, tetapi juga mengenai manusia seluruhnya. Allah memandang bahwa membunuh
seseorang itu adalah sebagai membunuh manusia seluruhnya, karena orang seorang
itu adalah anggota masyarakat dan karena membunuh seseorang berarti juga
membunuh keturunannya.
[413] Ialah: sesudah kedatangan Rasul membawa
keterangan yang nyata.
D.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
a. Media : Lembar Kerja, Power Point, Al-Qur’an
Digital
b. Alat : Laptop dan LCD
c. Sumber : Tafsir al-Qur’an dan buku-buku hadits
Buku pegangan siswa PAI SMA/SMK kelas X Erlangga 2013
E.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan
ke 1
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
1.
Memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah
dan kemudian berdoa bersama.
2.
Mempersiapkan kelas
agar lebih kondusif untuk memulai proses KBM
3.
Peserta didik menyiapkan kitab suci al-Qur’an
4.
Secara bersama bertadarus al-Qur’an (selama
5-10 menit)
5.
Menjelaskan secara singkat materi yang akan
diajarkan dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar serta indikator yang
akan dicapai.
6.
Menanyakan informasi tentang taat kepada
aturan, perilaku kompetitif dalam kebaikan, dan kerja keras (Appersepsi).
|
15 menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
Dalam
kegiatan inti, pendidik dan para peserta didik melakukan beberapa kegiatan
sebagai berikut.
a. Mengamati
ü
Menyimak bacaan Q.S. Yunus (10): 40-41 dan Al-Maidah (5): 32.
ü
Mencermati kaidah tajwid dan makharijul
huruf dalam Q.S. Yunus (10): 40-41 dan Al-Maidah (5): 32.
ü
Mencermati Asbabun
Nuzul dan Asbabun Wurud Q.S.
Yunus (10): 40-41 dan Al-Maidah (5): 32 terhadap hadits terkait
b. Menanya
ü Menanyakan
kaidah tajwid dan makharijul huruf dalam Q.S. Yunus (10): 40-41 dan Al-Maidah (5): 32
c. Mengeksperimen/Mengexplorasi
ü Mengidentifikasi
kaidah tajwid dan makharijul huruf dalam Q.S. Yunus (10): 40-41 dan Al-Maidah (5): 32
ü Menjabarkan
Asbabun nuzul dan Asbabul Wurud Q.S. An-Nisa (4): 59 dan QS Al-Ma’idah (5): 48
d. Asosiasi
ü
Membuat kesimpulan kaidah tajwid dan
makharijul huruf dalam Q.S. Yunus (10): 40-41 dan Al-Maidah (5): 32
ü Membuat
kesimpulan asbabun nuzul dan asbabul wurud Q.S. Yunus (10): 40-41 dan Al-Maidah (5): 32
e. Komunikasi.
ü Menpresentasikan
kaidah tajwid dan makharijul huruf dalam Q.S. An-Nisa (4): 59 dan QS Al-Ma’idah (5): 48
ü Menyampaikan
hasil diskusi tentang kaidah tajwid dan makharijul huruf dalam Q.S. An-Nisa (4): 59 dan QS Al-Ma’idah (5): 48
ü Menpresentasikan
penjabaran Asbabun Nuzul dan Asbabul Wurud Q.S. Yunus (10): 40-41 dan Al-Maidah (5): 32
|
100 menit
|
3.
|
Penutup
ü Pendidik meminta agar para peserta didik sekali lagi
membaca Q.S. Yunus (10): 40-41 dan Al-Maidah (5): 32 sebagai penutup materi pembelajaran;
ü Pendidik meminta agar para peserta didik membiasakan
membaca Q.S. Yunus (10):
40-41 dan Al-Maidah (5): 32 dalam shalat.
ü Pendidik menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan
membaca hamdalah/doa.
ü Pendidik mengucapkan salam kepada para peserta didik
sebelum keluar kelas dan peserta didik menjawab salam.
|
20 menit
|
Pertemuan
ke 2
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
1.
Memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah
dan kemudian berdoa bersama.
2.
Mempersiapkan kelas
agar lebih kondusif untuk memulai proses KBM
3.
Peserta didik menyiapkan kitab suci al-Qur’an
4.
Secara bersama bertadarus al-Qur’an
(selama 5-10 menit)
5.
Menanyakan materi yang pernah diajarkan (Appersepsi).
|
15 menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
Dalam
kegiatan inti, pendidik dan para peserta didik melakukan beberapa kegiatan
sebagai berikut.
a. Mengamati
ü Menyimak bacaan Q.S. Yunus (10): 40-41 dan Al-Maidah
(5): 32
ü Mencermati
isi kandungan Q.S. Yunus (10): 40-41 dan Al-Maidah (5): 32
b. Menanya
ü Menanyakan pendapat siswa tentang isi
kandungan Q.S. Yunus (10): 40-41 dan Al-Maidah (5): 32
c. Mengeksperimen/Mengexplorasi
ü Menganalisis kandungan Q.S. Yunus (10): 40-41 dan Al-Maidah
(5): 32
ü Mengaitkan isi kandungan dengan kondisi sosial
lingkungan
d. Asosiasi
ü Membuat kesimpulan isi
kandungan Q.S. Yunus (10): 40-41 dan Al-Maidah
(5): 32
f.
Komunikasi.
ü Mempresentasikan hasil diskusi tenatang isi kandungan Q.S. Yunus (10): 40-41 dan Al-Maidah
(5): 32
ü Mengklarifikasikan hasil penemuan
siswa atas analisis kandungan Q.S. Yunus (10): 40-41 dan Al-Maidah (5): 32 yang dikaitkan dengan kondisi sosial
lingkungan.
|
100 menit
|
3.
|
Penutup
ü Pendidik meminta agar para peserta didik sekali lagi
membaca Q.S. Yunus (10):
40-41 dan Al-Maidah (5): 32 sebagai penutup materi pembelajaran;
ü Pendidik meminta agar para peserta didik membiasakan
perilaku yang mencerminkan kandungan Q.S. Yunus (10): 40-41 dan Al-Maidah (5): 32.
ü Pendidik menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan
membaca hamdalah/doa.
ü Pendidik mengucapkan salam kepada para peserta didik
sebelum keluar kelas dan peserta didik menjawab salam.
|
25 menit
|
Pertemuan
ke 3
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
1.
Memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah
dan kemudian berdoa bersama.
2.
Mempersiapkan kelas
agar lebih kondusif untuk memulai proses KBM
3.
Peserta didik menyiapkan kitab suci al-Qur’an
4.
Secara bersama bertadarus al-Qur’an
(selama 5-10 menit)
5.
Menanyakan materi yang pernah diajarkan (Appersepsi).
|
15 menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
Dalam
kegiatan inti, pendidik dan para peserta didik melakukan beberapa kegiatan
sebagai berikut.
a. Mengamati
ü Menyimak
bacaan Q.S. Yunus (10): 40-41 dan Al-Maidah (5): 32
ü Mencermati
sikap perilaku yang sesuai Q.S. Yunus (10): 40-41 dan Al-Maidah (5): 32
ü Mencermati hikmah
bersikap toleran dan menghindarkan diri dari perilaku tindak kekerasan
b. Menanya
ü Menanyakan
pendapat
siswa tentang perilaku kondisi sosial yang sesuai dan bertolak belakang dai isi
kandungan Q.S. Yunus (10): 40-41 dan Al-Maidah (5): 32
c. Mengeksperimen/Mengexplorasi
ü Menganalisis
perilaku yang sesuai dengan Q.S. Yunus (10): 40-41 dan Al-Maidah (5): 32
ü Mengidentifikasi kondisi sosial yang sesuai dan
bertentangan dengan Q.S. Yunus (10): 40-41 dan Al-Maidah
(5): 32
ü Menggali hikmah bersikap toleran dan
menghindarkan diri dari perilaku tindak kekerasan
d. Asosiasi
ü Membuat
kesimpulan perilaku
yang sesuai dengan Q.S. Yunus (10): 40-41 dan Al-Maidah (5): 32
ü Membuat kesimpulan hikmah sikap toleran dan
menghindarkan diri dari perilaku tindak kekerasan
g.
Komunikasi.
ü Mempresentasikan
hasil
analisis perilaku yang sesuai Q.S. Yunus (10): 40-41 dan Al-Maidah (5): 32
ü Mempresentasikan hikmah sikap toleran dan menghindarkan diri dari
perilaku tindak kekerasan
|
100 menit
|
3.
|
Penutup
ü Pendidik meminta agar para peserta didik sekali lagi
membaca hikmah sikap
toleran dan menghindarkan diri dari perilaku tindak kekerasan sebagai penutup materi pembelajaran;
ü Pendidik meminta agar para peserta didik membiasakan
menerapkan perilaku yang sesuai Q.S. Yunus (10): 40-41 dan Al-Maidah (5): 32 dalam
kehidupan sehari-hari
ü Pendidik menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan
membaca hamdalah/doa.
ü Pendidik mengucapkan salam kepada para peserta didik
sebelum keluar kelas dan peserta didik menjawab salam.
|
25 menit
|
F.
Penilaian Hasil Belajar
1.
Tes (tulis)
NO.
|
Soal
|
Kunci Jawaban
|
1
|
Identifikasikan hukum bacaan tajwid dalam Q.S. An-Nisa (4): 59, Al-Maidah (5): 48, dan At-Taubah
(9): 105
|
|
2
|
Jelaskan isi kandungan yang terdapat dalam Q.S. Yunus (10): 40-41 dan Al-Maidah
(5): 32
|
|
3
|
Jabarkan perilaku yang sesuai dengan Q.S. Yunus (10): 40-41 dan Al-Maidah
(5): 32.
|
|
4
|
Hikmah bersikap toleran dan menghindarkan
diri dari perilaku tindak kekerasan
|
-
Menghindari
terjadinya perpecahan
-
Memperkokoh
silaturahmi dan menerima perbedaan
|
2.
Tes Lisan
No.
|
Nama siswa
|
Aktivitas dalam diskusi
|
Partisipasi dalam diskusi
|
kerjasama
|
Total nilai
|
1
|
|||||
2
|
|||||
3
|
|||||
4
|
|||||
5
|
Keterangan
:
Skor Tes lisan :
• Mempresentasikan sangat baik = 80 – 90 =
A
• Mempresentasikan baik =
70 – 79 = B
• Mempresentasikan kurang baik = 60 – 69 = C
• Mempresentasikan tidak lancar = 50 – 59 =
D
• Tidak dapat mempresentasikan =
kurang dari 50 = E
3. Non tes
·
Tugas : mengidentifikasi manfaat dan hikmah
perilaku bersikap toleran dan
menghindarkan diri dari perilaku tindak kekrasan
·
Observasi (mengamati perilaku toleran dan menghindarkan diri dari
perilaku tindak kekrasan terhadap teman sejawat atau orang lain;
·
Portofolio (tugas dan observasi dikerjakan di
lembar kerja dan diserahkan kepada pendidik).
Banjarnegara,
Agustus 2014
Mengetahui,
Kepala SMK Guru
Pendidikan Agama Islam
0 Response to "Sikap Toleransi dan Menghindarkan Diri dari Bahaya Tindak Kekerasan"
Post a Comment