Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Tingkat / Program : XII / Semua Program Studi
Semester / Tapel : 5 / 2013 – 2014
Alokasi Waktu : 6 Jam Pelajaran (3 x pertemuan)
I. Standar Kompetensi
Memahami ayat-ayat Al Qur’an tentang anjuran bertoleransi
II. Kompetensi Dasar
A. Membaca QS Al Kafirun, QS Yunus : 40-41 dan QS Al Kahfi : 29
B. Menjelaskan arti QS Al Kafirun, QS Yunus : 40-41 dan QS Al Kahfi : 29
C. Membiasakan perilaku bertoleransi seperti terkandung dalam QS Al Kafirun, QS Yunus : 40-41 dan QS Al Kahfi : 29
III. Pendidikan Karakter Budaya Bangsa
A. Religius, dengan cara menumbuhkan sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianut, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain dan hidup rukun dengan pemeluk agama lain Toleransi, dengan cara menumbuhkan sikap dan tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku, etnis,pendapat, sikap dan tindakan yang berbeda dari dirinya sesuai dengan Q.S. Al- Kafirun
B. Cinta damai, dengan cara menumbuhkan sikap, perkataan dan tindakan yang menyebabkan orang lain merasa senang dan aman atas kehadiran dirinya
IV. Indikator
A. QS Al Kafirun, QS Yunus : 40-41 dan QS Al Kahfi : 29 dibaca dengan baik dan benar
B. Hukum bacaan QS Al Kafirun, QS Yunus : 40-41 dan QS Al Kahfi : 29 diidentifikasi
C. Masing-mamsing kata yang terdapat dalam QS Al Kafirun, QS Yunus : 40-41 dan Q.S Al Kahfi : 29 diartikan dan disusun menjadi arti yang benar sesuai dengan kaidah Bahasa Indonesia yang baik
D. Isi QS Al Kafirun, QS Yunus : 40-41 dan QS Al Kahfi : 29 disimpulkan
E. Perilaku bertoleransi sesuai QS Al Kafirun, QS Yunus : 40-41 dan QS Al Kahfi : 29 dipraktekkan
V. Tujuan dan Pembelajaran
A. Siswa dapat membaca QS Al Kafirun, QS Yunus : 40-41 dan QS Al Kahfi : 29 dengan baik dan benar
B. Siswa dapat mengidentifikasi hukum bacaan yang terdapat dalam QS Al Kafirun, Yunus : 40-41 dan QS Al Kahfi : 29
C. Siswa dapat menterjemahkan setiap kata QS Al Kafirun, QS Yunus : 40-41 dan Al Kahfi : 29 serta menyusun terjemahan tersebut dalam Bahasa Indonesia yang baik
D. Siswa dapat menyimpulkan isi kandungan QS Al Kafirun, QS Yunus : 40-41 dan QS Al Kahfi : 29
E. Siswa dapat mempraktekkan sikap toleransi dalam kehidupan sehari-hari
VI. Materi Pokok Pembelajaran
A. QS Al Kafirun
B. QS Yunus : 40 – 41
C. QS Al-Kahfi : 29
VII. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
Pertemuan 1.
NO | Kegiatan Pembelajaran | Waktu | Metode |
1. | Pendahuluan a. Salam pembuka diteruskan berdo’a b. Tadarus ayat-ayat yang berhubungan dengan toleransi Appers Apersepsi | 10 Menit | Ceramah |
2. | Kegiatan Inti Eksplorasi: a. Guru menampilkan program Flash macro media Q.S Al-Kafirun kemudian memberi contoh cara membaca b. Peserta didik mendengarkan, menirukan dan menyimak tayangan yang ada di papan /projector c. Guru membagi kelas menjadi 4 Kelompok. Elaborasi : Peserta didik bergabung sesuai dengan kelompoknya masing-masing. a. Guru mempersiapkan ayat-ayat yang harus dibahas sesuai tujuan pembelajaran b. Guru menempelkan hukum tajwid di papan/projector c. Guru memberi petunjuk dan memberi kesempatan pada siswa untuk memperhatikan/menganalisa ayat sesuai tajwid d. Melalui diskusi kelompok 2-3 orang siswa, hasil diskusi dari analisa tajwid tersebut dicatat pada kertas e. Guru memperhatikan/ mengamati diskusi peserta didik. f. Tiap kelompok diberi kesempatan membacakan hasil diskusinya g. Mulai dari komentar/hasil diskusi siswa, guru mulai menjelaskan materi sesuai tujuan yang ingin dicapai Konfirmasi : h. Guru dan peserta didik menyimpulkan hasil diskusi isi kandungan Q.S. Al-Kafirun | 70 Menit | Demonstrasi Presentasi diskusi |
3. | Penutup a. Beberapa peserta didik diminta menjelaskan cara membaca, mengartikan dan analisa tajwid serta isi kandungan ayat b. Guru mengklarifikasi beberapa masalah yang dihadapi peserta didik. c. Guru memotivasi siswa agar membiasakan membaca ayat Al-Quran dengan benar sesuai tajwid d. Menyimpulkan contoh perilaku toleransi yang sesuai dengan kandungan ayat yang dikaji e. Pos tes f. Tugas Tertruktur, salinlah Q.S. AlKafirun g. Doa dan salam penutup | 10 Menit | Tanya jawab |
Alokasi | 90 Menit |
Pertemuan 2
NO | Kegiatan Pembelajaran | W aktu | Metode |
1. | Pendahuluan a. Salam pembuka diteruskan berdo’a b. Tadarus ayat-ayat yang berhubungan dengan toleransi c. Appersepsi | 10 Menit | Ceramah |
2. | Kegiatan Inti Eksplorasi : a. Guru menampilkan program Flash macro media QS Yunus : 40-41 kemudian memberi contoh cara membaca b. Peserta didik mendengarkan, menirukan dan menyimak tayangan yang ada di projector c. Guru membagi kelas menjadi 4 Kelompok, masing-masing kelompok membaca ayat yang di kaji . d. Guru mempersiapkan potongan ayat- ayat yang harus diartikan dan di bahas sesuai tujuan pembelajaran e. Guru menayangkan hukum tajwid di layar/papan f. Guru memberi petunjuk dan memberi kesempatan pada siswa untuk memperhatikan/menganalisa ayat sesuai tajwid Elaborasi : a. Melalui diskusi kelompok 2-3 orang siswa, hasil diskusi dari analisa tajwid tersebut dicatat pada kertas b. Guru memperhatikan/ mengamati diskusi peserta didik. c. Tiap kelompok diberi kesempatan membacakan hasil diskusinya d. Mulai dari komentar/hasil diskusi siswa, guru mulai menjelaskan materi sesuai tujuan yang ingin dicapai Konfirmasi : Guru dan peserta didik menyimpulkan hasil diskusi isi kandungan ayat | 70 Menit | Demonstrasi Presentasi diskusi |
3. | Penutup a. Beberapa peserta didik diminta menjelaskan cara membaca, mengartikan dan analisa tajwid serta isi kandungan ayat b. Guru mengklarifikasi beberapa masalah yang dihadapi peserta didik. c. Guru memotivasi siswa agar membiasakan membaca ayat Al-Quran dengan benar sesuai tajwid d. Menyimpulkan contoh perilaku toleransi yang sesuai dengan kandungan ayat yang dikaji, baik itu intern, antar maupun dengan pemerintah e. Pos tes f. Doa dan salam penutup | 10 Menit | Tanya jawab Penugasan |
Alokasi | 90 Menit |
Pertemuan 3
NO | Kegiatan Pembelajaran | Waktu | Metode |
1. | Pendahuluan a. Salam pembuka diteruskan berdo’a b. Tadarus ayat-ayat yang berhubungan dengan toleransi c. Appersepsi | 10 Menit | Ceramah |
2. | Kegiatan Inti Eksplorasi : a. Guru menampilkan program Flash macro media Q.S. Al Kahfi ; 29 kemudian memberi contoh cara membaca b. Peserta didik mendengarkan, menirukan dan menyimak tayangan yang ada di projector c. Guru membagi kelas menjadi 4 Kelompok, masing-masing kelompok membaca ayat yang di kaji . d. Guru mempersiapkan potongan ayat- ayat yang harus diartikan dan di bahas sesuai tujuan pembelajaran e. Guru menayangkan hukum tajwid di layar/papan f. Guru memberi petunjuk dan memberi kesempatan pada siswa untuk memperhatikan/menganalisa ayat sesuai tajwid g. Elaborasi : h. a. Melalui diskusi kelompok 2-3 orang siswa, hasil diskusi dari analisa tajwid tersebut dicatat pada kertas i. b. Guru memperhatikan/ mengamati diskusi peserta didik. j. c. Tiap kelompok diberi kesempatan membacakan hasil diskusinya k. d. Mulai dari komentar/hasil diskusi siswa, guru mulai menjelaskan materi sesuai tujuan yang ingin dicapai Konfirmasi : Guru dan peserta didik menyimpulkan hasil diskusi isi kandungan ayat | 70 Menit | Demonstrasi Presentasi diskusi |
3. | Penutup a. Beberapa peserta didik diminta menjelaskan cara membaca, mengartikan dan analisa tajwid serta isi kandungan ayat b. Guru mengklarifikasi beberapa masalah yang dihadapi peserta didik. c. Guru memotivasi siswa agar membiasakan membaca ayat Al-Quran dengan benar d. sesuai tajwid e. Menyimpulkan contoh perilaku toleransi yang sesuai dengan kandungan ayat yang dikaji, baik itu intern, antar maupun dengan pemerintah f. Pos tes g. Doa dan salam penutup | 10 Menit | Tanya jawab Penugasan |
Alokasi | 70 Menit |
VIII. Sumber dan Media Pembelajaran
A. Tafsir Qur’an Per Kata, Maghfirah Pustaka
B. Buku Modul PAI Kelas XII berdasarkan KTSP Penerbit Erlangga
C. Internet dan Buku-buku lain yang relevan
D. LKS PAI
IX. Penilaian
A. Berilah tanda silang (x) pada salah satu jawaban yang benar di bawah ini !
1. Perbedaan bisa memotivasi beberapa hal berikut ini, kecuali ........
a. Khawatir muncul kompetisi
b. Terus berinovasi
c. Berkompetisi secara sehat
d. Tegar menghadapi ujian
e. Meningkatkan kreativitas
2. Cara Rasulullah menyikapi perbedaan furuiyyah yang terjadi pada sahabat adalah .........
a. Mendudukkan masalahnya dengan benar
b. Sama-sama membenarkan ijtihad yang dilakukan masing-masing pihak
c. Memvonis salah satu pedapat yang tidak benar
d. Memerintahkan mereka untuk berkonsultasi dulu kepada beliau
e. Membenarkan yang benar dan menyalahkan pendapat yang salah
3. Prinsip toleransi dalam Islam adalah ....
a. Membiarkan segala sesuatu terjadi karena menerapkan prinsip kebebasan
b. Sesekali ikut pendapat orang lain, sesekali mengikuti prinsip sendiri
c. Menghargai pilihan orang lain
d. Ikut bergabung dengan pilihan orang lain
e. Tidak membiarkan orang lain menjalankan ritual keagamaannya
4. Agar perbedaan menjadi maslahat dan rahmat, kita harus mengembangkan sikap ....
a. Ikhlas
b. Berprasangka baik dengan tetap kritis
c. Lapang dada
d. Suudzon
e. Berkompetisi
5. QS. Al-Baqarah / 2 : 256 menerangkan tentang masalah ........
a. Ancaman bagi orang yang tidak bertoleransi
b. Tidak boleh ada paksaan dalam beragama
c. Keyakinan harus berjalan sendiri-sendiri menurut agama
d. Perintah untuk menghormati orang non-muslim
e. Anjuran berdakwah kepada orang lain.
B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini :
1. Bagaimanakah perbedaan yang terjadi bisa mendatangkan maslahat dan rahmat ? Jelaskan !
2. Mengapa perbedaan pada hakikatnya merupakan ujian dari Allah ? Jelaskan !
3. Sebutkan macam-macam perbedaan secara garis besar ?
4. Bagaimanakah sikap Rasulullah dalam menyikapi perbedaan pendapat dikalangan sahabatnya ?
5. Jenis perbedaan bagaimanakah yang diperbolehkan di dalam Islam ? Jelaskan !
C. Berilah tanda checklist (v) pada kolom yang sesuai dengan pilihan sikapmu !
No. | Pernyataan | S | SS | TS | STS |
1. | Termasuk ajaran toleransi adalah ikut sembahnyang di tempat ibadah agama lain ketika perayaan hari raya mereka | ||||
2. | Ikut memelihara keamanan rumah ibadah umat agama lain, termasuk ajaran toleransi dalam Islam | ||||
3. | Kita harus marah jika ada umat agama lain memberikan bantuan kepada kaum muslim. Hal itu disebabkan karena yang boleh memberi sumbangan kepada kaum muslim hanya orang Islam saja | ||||
4. | Kita harus menyikapi perbedaan sebagai sumber kekuatan, bukan benih-benih kerusuhan dan kehancuran | ||||
5. | Kit a harus benar-benar mempertahankan ajaran agama sesuai dengan aturan organisasi keagamaan yang kita ikuti sekalipun masalah perbedaan furuiyyah (cabang) |
D. Penilaian mandiri dengan menggunakan buku praktikum dan mentoring
E. Penilaian hasil diskusi dilihat dari resume hasil diskusi
F. Penilaian akhir
KRITERIA PENILAIAN
NO | NAMA SISWA | NILAI KARAKTER | HASIL Diskusi (maks 25) | Nilai tes (maks 60) | NILAI AKHIR | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | Skor Sikap (maks 15) | |||||
1 | 5 | 5 | 5 | 15 | 20 | 50 | 85 | ||
2 | |||||||||
3 | |||||||||
4 | |||||||||
5 | |||||||||
6 | |||||||||
7 | |||||||||
8 | |||||||||
9 | |||||||||
10 |
Keterangan : Indikator dari karakter ingin tahu : Nilai maksimal 5 untuk tiap indikator
1.Keaktifan membaca
2.Kemampuan bertanya
3.Keaktifan dalam diskusi
Banjarnegara, Juli 2013
Memeriksa Guru Mata Pelajaran,
, WKS. Kurikulum
Asep Yogaswara, S.Pd M. Usman Fauzi, S.Ag.
NIY. 96.0045 NIY. 99.0060
Mengetahui
Kepala Sekolah
Agus Supartono, ST, SH, MM
NIY. 85 – 0014
0 Response to "Memahami Ayat-ayat Al-Qur'an Tentang Anjuran Bertoleransi"
Post a Comment