RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
: SMK Panca Bhakti Banjarnegara
Mata
Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester
: XII / Ganjil
Materi
Pokok : Q.S. Ali Imran/3:
190-191, dan Q.S. Ali Imran/3: 159
Alokasi
Waktu : 3 Minggu x 3
Jam Pelajaran @45 Menit
A.
Kompetensi Inti
·
KI-1:Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
·
KI-2: Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif
dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di
lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa,
negara, kawasan regional, dan kawasan internasional”.
·
KI 3: Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
·
KI4: Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah
keilmuan
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
1.1 Terbiasa membaca al-Qur’an sebagai
pengamalan dengan meyakini bahwa agama mengajarkan kepada umatnya untuk
berpikir kritis dan bersikap demokratis
|
·
Terbiasa membaca al-Qur’an sebagai
pengamalan dengan meyakini bahwa agama mengajarkan kepada umatnya untuk
berpikir kritis dan bersikap demokratis
|
2.1 Bersikap kritis dan demokratis sesuai
dengan pesan Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan159, serta Hadis terkait
|
·
Bersikap kritis dan demokratis sesuai
dengan pesan Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan159, serta Hadis terkait
|
3.1 Menganalisis dan mengevaluasi makna Q.S.
Ali Imran/3: 190-191, dan Q.S. Ali Imran/3: 159, serta Hadis tentang berpikir
kritis dan bersikap demokratis
|
·
Menjelaskan cara membaca Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali
Imran/3: 159 sesuai dengan kaidah tajwid;
·
Mengidentifikasi hukum bacaan (tajwid)
Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159.
·
Menterjemahkan Q.S. Ali Imran/3: 190-191
dan Q.S. Ali Imran/3: 159 serta hadis terkait.
·
Menjelaskan asbabun nuzul Q.S. Ali
Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159.
·
Mengidentifikasi makna Q.S. Ali Imran/3:
190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159 serta hadis terkait.
·
Menjelaskan pesan-pesan yang terkandung
paqda Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159 serta hadis terkait
·
Menjelaskan manfat berpikir kritis dan
bersikap demokratis sesuai dengan kandungan Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan
Q.S. Ali Imran/3: 159.
·
Menganalisis hukum bacaan, makna,
pesan-pesan yang terdapat pada Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali
Imran/3: 159
·
Menjelaskan sikap kritis dan demokratis
dengan ciri orang-orang berakal (ulil albab) sesuai pesan Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali
Imran/3: 159
·
Menyimpulkan hukum bacaan, makna,
pesan-pesan, hikmah dan manfaat yang terdapat pada Q.S. Ali Imran/3: 190-191
dan Q.S. Ali Imran/3: 159
|
4.1.1 Membaca Q.S. Ali Imran/3: 190-191, dan Q.S.
Ali Imran/3: 159,; sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul-huruf
4.1.2 Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Ali Imran/3:
190-191, dan Q.S. Ali Imran/3: 159, dengan lancar
4.1.3 Menyajikan keterkaitan antara sikap kritis
dengan ciri orang-orang berakal (ulil albab) sesuai pesan Q.S. Ali Imran/3:
190-191
|
·
Mendemonstrasikan bacaan Q.S. Ali
Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159, sesuai dengan kaidah tajwid dan
makharijul huruf.
·
Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Ali
Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159 dengan fasih dan lancar.
·
Menyajikan hukum bacaan yang terdapat
pada Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159.
·
Menyajikan makna Q.S. Ali Imran/3:
190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159 serta hadis terkait.
·
Menyajikan pesan-pesan, hikmah dan
manfaat yang terkandung dalam Q.S. Ali
Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159 serta hadis terkait
·
Menyajikan paparan keterkaitan antara
sikap kritis dengan ciri orang-orang berakal (ulil albab) sesuai dengan pesan
Q.S. Ali Imran/3: 190-191 serta hadits terkait.
·
Menyajikan paparan keterkaitan antara
sikap demokratis dengan kandungan Q.S. Ali Imran/3: 159 serta hadis terkait.
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
·
Terbiasa membaca
al-Qur’an sebagai pengamalan dengan meyakini bahwa agama mengajarkan kepada
umatnya untuk berpikir kritis dan bersikap demokratis
·
Bersikap kritis
dan demokratis sesuai dengan pesan Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan159, serta
Hadis terkait
·
Menjelaskan cara
membaca Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan
Q.S. Ali Imran/3: 159 sesuai dengan kaidah tajwid;
·
Mengidentifikasi
hukum bacaan (tajwid) Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159.
·
Menterjemahkan
Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159 serta hadis terkait.
·
Menjelaskan
asbabun nuzul Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159.
·
Mengidentifikasi
makna Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159 serta hadis terkait.
·
Menjelaskan
pesan-pesan yang terkandung paqda Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali
Imran/3: 159 serta hadis terkait
·
Menjelaskan manfat
berpikir kritis dan bersikap demokratis sesuai dengan kandungan Q.S. Ali
Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159.
·
Menganalisis hukum
bacaan, makna, pesan-pesan yang terdapat pada Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan
Q.S. Ali Imran/3: 159
·
Menjelaskan sikap
kritis dan demokratis dengan ciri orang-orang berakal (ulil albab) sesuai
pesan Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S.
Ali Imran/3: 159
·
Menyimpulkan hukum
bacaan, makna, pesan-pesan, hikmah dan manfaat yang terdapat pada Q.S. Ali
Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159
·
Mendemonstrasikan
bacaan Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159, sesuai dengan
kaidah tajwid dan makharijul huruf.
·
Mendemonstrasikan
hafalan Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159 dengan fasih dan
lancar.
·
Menyajikan hukum
bacaan yang terdapat pada Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159.
·
Menyajikan makna
Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159 serta hadis terkait.
·
Menyajikan
pesan-pesan, hikmah dan manfaat yang terkandung dalam Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali
Imran/3: 159 serta hadis terkait
·
Menyajikan paparan
keterkaitan antara sikap kritis dengan ciri orang-orang berakal (ulil albab)
sesuai dengan pesan Q.S. Ali Imran/3: 190-191 serta hadits terkait.
·
Menyajikan paparan
keterkaitan antara sikap demokratis dengan kandungan Q.S. Ali Imran/3: 159
serta hadis terkait.
D.
Materi
Pembelajaran
·
Hukum bacaan
(tajwid) Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159
·
Asbabun nuzul Q.S.
Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159
·
Makna dan pesan-pesan
yang terkandung paqda Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159 serta
hadis terkait
E.
Metode
Pembelajaran
1) Pendekatan
:
Saintifik
2) Model Pembelajaran : Discovery learning, Problem Based Learning (PBL)
3) Metode :
Tanya jawab, wawancara, diskusi dan bermain peran
F.
Media
Pembelajaran
Media :
·
Worksheet atau
lembar kerja (siswa)
·
Lembar penilaian
·
Al-Qur’an
Alat/Bahan :
·
Penggaris, spidol,
papan tulis
·
Laptop &
infocus
G.
Sumber
Belajar
·
Buku Pendidikan
Agama Islam Siswa Kelas XII, Kemendikbud, tahun 2016
·
Internet
·
Buku refensi yang
relevan,
·
LCD Proyektor
·
Film Tawuran
Pelajar
·
Tafsir al-Qur’an
dan kitab hadits
·
Kitab asbabunnuzul
dan asbabul wurud
·
Lingkungan
setempat
H. Langkah-Langkah Pembelajaran
1 . Pertemuan Pertama (3
x 45 Menit)
|
||||||||||||||
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
|
||||||||||||||
Guru :
Orientasi
v Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur
kepada Tuhan YME dan berdoa
untuk memulai pembelajaran
v Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
v Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
v Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari.
v Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
Ø Hukum bacaan (tajwid) Q.S. Ali Imran/3:
190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159
v Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
v Mengajukan
pertanyaan
Pemberian Acuan
v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
v Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
v Pembagian
kelompok belajar
v Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
||||||||||||||
Kegiatan Inti ( 105 Menit )
|
||||||||||||||
|
||||||||||||||
Catatan : Selama
pembelajaran Hukum bacaan (tajwid) Q.S.
Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159 berlangsung, guru
mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya
diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin
tahu, peduli lingkungan
|
||||||||||||||
Kegiatan Penutup (15 Menit)
|
||||||||||||||
Peserta didik :
v Membuat
resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Hukum bacaan (tajwid) Q.S. Ali Imran/3:
190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159 yang baru dilakukan.
v Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Hukum
bacaan (tajwid) Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159 yang
baru diselesaikan.
v Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
v Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Hukum bacaan (tajwid) Q.S. Ali Imran/3:
190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159.
v Peserta
didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Hukum bacaan (tajwid) Q.S. Ali Imran/3:
190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159.
v Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran Hukum
bacaan (tajwid) Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159 kepada
kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
|
2 .
Pertemuan Kedua (3
x 45 Menit)
|
||||||||||||||
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
|
||||||||||||||
Guru :
Orientasi
v Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur
kepada Tuhan YME dan berdoa
untuk memulai pembelajaran
v Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
v Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
v Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari.
v Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
Ø Asbabun nuzul Q.S. Ali Imran/3: 190-191
dan Q.S. Ali Imran/3: 159
v Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
v Mengajukan
pertanyaan
Pemberian Acuan
v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
v Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
v Pembagian
kelompok belajar
v Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
||||||||||||||
Kegiatan Inti ( 105 Menit )
|
||||||||||||||
|
||||||||||||||
Catatan : Selama
pembelajaran Asbabun nuzul Q.S. Ali
Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159 berlangsung, guru mengamati
sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya
diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin
tahu, peduli lingkungan
|
||||||||||||||
Kegiatan Penutup (15 Menit)
|
||||||||||||||
Peserta didik :
v Membuat
resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Asbabun nuzul Q.S. Ali Imran/3: 190-191
dan Q.S. Ali Imran/3: 159 yang baru dilakukan.
v Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Asbabun
nuzul Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159 yang baru
diselesaikan.
v Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
v Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Asbabun nuzul Q.S. Ali Imran/3: 190-191
dan Q.S. Ali Imran/3: 159.
v Peserta
didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Asbabun nuzul Q.S. Ali Imran/3: 190-191
dan Q.S. Ali Imran/3: 159.
v Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran Asbabun
nuzul Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159 kepada kelompok
yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
|
3 .
Pertemuan Ketiga (3
x 45 Menit)
|
||||||||||||||
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
|
||||||||||||||
Guru :
Orientasi
v Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur
kepada Tuhan YME dan berdoa
untuk memulai pembelajaran
v Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
v Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
v Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari.
v Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
Ø Makna dan pesan-pesan yang terkandung
paqda Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159 serta hadis terkait
v Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
v Mengajukan
pertanyaan
Pemberian Acuan
v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
v Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
v Pembagian
kelompok belajar
v Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
||||||||||||||
Kegiatan Inti ( 105 Menit )
|
||||||||||||||
|
||||||||||||||
Catatan : Selama
pembelajaran Makna dan pesan-pesan yang
terkandung paqda Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159 serta
hadis terkait berlangsung, guru
mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya
diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin
tahu, peduli lingkungan
|
||||||||||||||
Kegiatan Penutup (15 Menit)
|
||||||||||||||
Peserta didik :
v Membuat
resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Makna dan pesan-pesan yang terkandung
paqda Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159 serta hadis terkait
yang baru dilakukan.
v Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Makna
dan pesan-pesan yang terkandung paqda Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali
Imran/3: 159 serta hadis terkait yang
baru diselesaikan.
v Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
v Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Makna dan pesan-pesan yang terkandung
paqda Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159 serta hadis terkait
.
v Peserta
didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Makna dan pesan-pesan yang terkandung
paqda Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159 serta hadis terkait
.
v Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran Makna
dan pesan-pesan yang terkandung paqda Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali
Imran/3: 159 serta hadis terkait kepada
kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
|
I.
Penilaian
Hasil Pembelajaran
1.
Penilaian Skala Sikap
Berilah tanda “centang”
(√) yang sesuai dengan kebiasaan kamu terhadap pernyataan-pernyataan
yang tersedia!
No
|
Pernyataan
|
Kebiasaan
|
|||
Selalu
|
Sering
|
Jarang
|
Tidak Pernah
|
||
Skor 4
|
Skor 3
|
Skor 2
|
Skor 1
|
||
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
Nilai akhir = Jumlah skor yang diperoleh peserta didik×
100
skor tertinggi 4
2.
Penilaian “Membaca
dengan Tartil”
Rubrik Pengamatannya
sebagai berikut:
No.
|
Nama Peserta Didik
|
Aspek yang dinilai
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
Ketuntasan
|
Tindak Lanjut
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
T
|
TT
|
R
|
P
|
||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Aspek yang dinilai : 1. Kelancaran Skor
25 → 100
2. Artinya Skor 25 → 100
3. Isi Skor 25 → 100
4. Dan lain-lain Skor dikembangkan
Skor maksimal…. 100
Rubrik penilaiannya
adalah:
1)
Kelancaran
a) Jika peserta didik
dapat membaca sangat lancar, skor 100.
b) Jika peserta didik
dapat membaca lancar, skor 75.
c) Jika peserta didik
dapat membaca tidak lancar dan kurang
sempurna, skor 50.
d) Jika peserta didik
tidak dapat membaca , skor 25
2)
Arti
a) Jika peserta didik
dapat mengartikan dengan benar, skor
100.
b) Jika peserta didik
dapat mengartikan dengan benar dan
kurang sempurna, skor 75.
c) Jika peserta didik
tidak benar mengartikan, skor 50.
d) Jika peserta didik
tidak dapat mengartikan, skor 25.
3)
Isi
a) Jika peserta didik
dapat menjelaskan dengan benar, skor 100.
b) Jika peserta didik
dapat menjelaskan dengan mendekati benar, skor 75.
c) Jika peserta didik
dapat menjelaskan dengan tidak benar, skor 50.
d) Jika peserta didik
tidak dapat menjelaskan, skor 25.
4)
Dan Lain-lain
Guru dapat mengembangkan skor tersebut jika ditemui kriteria penilaian
lain berdasarkan bentuk perilaku peserta didik pada situasi dan kondisi yang
berkembang
3. Penilaian Diskusi
Peserta didik
berdiskusi tentang memahami makna .
Aspek dan rubrik
penilaian:
1) Kejelasan dan ke
dalaman informasi
(a)
Jika kelompok tersebut dapat memberikan kejelasan dan ke dalaman
informasi lengkap dan sempurna, skor 100.
(b)
Jika kelompok tersebut dapat memberikan penjelasan dan ke dalaman
informasi lengkap dan kurang sempurna, skor 75.
(c)
Jika kelompok tersebut dapat memberikan penjelasan dan ke dalaman
informasi kurang lengkap, skor 50.
(d)
Jika kelompok tersebut tidak dapat memberikan penjelasan dan ke dalaman
informasi, skor 25.
Contoh Tabel:
No.
|
Nama Peserta didik
|
Aspek yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
Ketuntasan
|
Tindak Lanjut
|
||
Kejelasan dan Kedalaman Informasi
|
T
|
TT
|
R
|
R
|
||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2) Keaktifan dalam diskusi
(a)
Jika kelompok tersebut berperan sangat aktif dalam diskusi, skor 100.
(b)
Jika kelompok tersebut berperan aktif dalam diskusi, skor 75.
(c)
Jika kelompok tersebut kurang aktif dalam diskusi, skor 50.
(d)
Jika kelompok tersebut tidak aktif dalam diskusi, skor 25.
Contoh Tabel:
No.
|
Nama Peserta didik
|
Aspek yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
Ketuntasan
|
Tindak Lanjut
|
||
Keaktifan dalam Diskusi
|
T
|
TT
|
R
|
R
|
||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3) Kejelasan dan kerapian
presentasi/ resume
(a) Jika kelompok tersebut
dapat mempresentasikan/resume dengan sangat jelas dan rapi, skor 100.
(b) Jika kelompok tersebut
dapat mempresentasikan/resume dengan jelas dan rapi, skor 75.
(c) Jika kelompok tersebut
dapat mempresentasikan/resume dengan sangat jelas dan kurang rapi, skor 50.
(d) Jika kelompok tersebut
dapat mempresentasikan/resume dengan kurang jelas dan tidak rapi, skor 25.
Contoh Tabel:
No.
|
Nama Peserta didik
|
Aspek yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
Ketuntasan
|
Tindak Lanjut
|
||
Kejelasan dan Kerapian Presentasi
|
T
|
TT
|
R
|
R
|
||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
Remedial
Peserta didik yang
belum menguasai materi (belum mencapai ketuntasan belajar) akan dijelaskan
kembali oleh guru. Guru melakukan penilaian kembali dengan soal yang sejenis
atau memberikan tugas individu terkait dengan topik yang telah dibahas.
Remedial dilaksanakan pada waktu dan hari tertentu yang disesuaikan, contoh:
pada saat jam belajar, apabila masih ada waktu, atau di luar jam pelajaran (30
menit setelah jam pelajaran selesai).
CONTOH
PROGRAM REMIDI
Sekolah :
........................
Kelas/Semester :
........................
Mat
Pelajaran :
........................
Ulangan
Harian Ke :
........................
Tanggal
Ulangan Harian :
........................
Bentuk
Ulangan Harian :
........................
Materi
Ulangan Harian :
........................
(KD/Indikator :
........................
KKM :
........................
No
|
Nama Peserta Didik
|
Nilai Ulangan
|
Indikator yang Belum Dikuasai
|
Bentuk Tindakan Remedial
|
Nilai Setelah Remedial
|
Ket.
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
dst,
|
|
|
|
|
|
|
5.
Pengayaan
Dalam kegiatan
pembelajaran, peserta didik yang sudah menguasai materi sebelum waktu yang telah ditentukan, diminta
untuk soal-soal pengayaan berupa pertanyaan-pertanyaan yang lebih fenomenal dan
inovatif atau aktivitas lain yang relevan dengan topik pembelajaran. Dalam
kegiatan ini, guru dapat mencatat dan memberikan tambahan nilai bagi peserta
didik yang berhasil dalam pengayaan.
6.
Interaksi Guru dengan
Orang Tua
Interaksi guru dengan
orang tua perlu dilakukan, salah satunya adalah, guru meminta peserta didik
memperlihatkan kolom “Membaca dengan Tartil” dalam buku teks peserta didik
kepada orang tuanya dengan memberikan komentar dan paraf.
Dapat juga dengan
mengunakan buku penghubung kepada orang tua tentang perubahan perilaku peserta
didik setelah mengikuti kegiatan pembelajaran atau berkomunikasi langsung,
dengan pernyataan tertulis atau lewat telepon tentang perkembangan kemampuan
terkait dengan materi.
Banjarnegara, 15 Juli 2019.
Mengetahui
Kepala Sekolah SMK Panca Bhakti
Banjarnegara Guru
Mata Pelajaran
Agus Supartono,
SH,ST,S.Pd,MM,MMPd. M. Usman Fauzi, S,Ag.
NIPY. 19590808 198507 1 014 NIPY. 19710411 199908 1
060.
Catatan Kepala Sekolah
....................................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
0 Response to " "
Post a Comment