RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP- 7)
KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SMK Panca Bhakti Banjarnegara
Kelas/Seri : X / 2
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Topik : Wakaf
Materi Pokok : Pengelolaan Wakaf
Alokasi Waktu : 2 x 3 Jam pelajaran
Jumlah Pertemuan : 2 x Pertemuan
A. Kompetensi Inti
1. Menghayati dan mengamalkanajaran agama yang dianutnya
2. Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual,prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar 3.9 Memahami pengelolaan wakaf. 4.7.1 Menyajikan dalil tentang ketentuan waqaf. 4.7.2 Menyajikan pengelolaan wakaf. | Indikator Pencapaian Kompetensi 1. Mampu Memahami pengelolaan wakaf. 2. Mampu menjelaskan pengertian wakaf 3. Mampu menyebutkan syarat dan rukun wakaf 4. Menjelaskan fungsi dan manfaat wakaf 5. Menyebutkan macam-macam Benda yang diwakafkan |
C. Materi Ajar/Pembelajaran
Pengelolaan wakaf
D. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan | Deskripsi | Alokasiwaktu |
Pendahuluan | · Memberikan salam · Menanyakan kepada siswa kesiapan dan kenyamanan untuk belajar · Menanyakan kehadiran siswa · Mempersilakan salah satu siswa memimpin doa · Tanya jawab materi sebelumnya · Menyampaikan tujuan pembelajaran melalui power point. | 10 menit |
Inti | · Mengamati - Mencermati bacaan teks tentang pengertian, ketentuan dan hal-hal yang berkaitan dengan pengelolaan wakaf. - Meyimak penjelasan materi di atas melalui tayangan vidio atau media lainnya. · Menanya (memberi stimulus agar peserta didik bertanya) - Mengapa waqaf haarus dikelola? - Bagaimana cara mengelola wakaf? · Mengumpulkan data/eksplorasi - Peserta didik mendiskusikan makna dan ketentuan wakaf serta pengeloalaannya. · Mengasosiasi - Membuat kesimpulan materi pengelolaan wakaf. · Mengkomunikasikan Mempresentasikan /menyampaikan hasil diskusi tentang materi pengelolaan wakaf. | 70 menit |
Penutup | · Klarifikasi/kesimpulan siswa dibantu oleh guru menyimpulkan materi · Evaluasi untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran · Siswa melakukan refleksi tentang pelaksanaan pembelajaran · Mengucapkan salam | 10 menit |
V. Media Pembelajaran
Ø Power point,
Ø Video,
Ø LCD,
Ø Laptop,
Ø Papan tulis
VI. Sumber Belajar:
ü Buku PAI Kls X Kemdikbud
ü Buku lain yang menunjang
ü Al Qur’an Terjemah
ü Multimedia interaktif dan Internet
VII. Penilaian
1. Prosedur :
a. Penilaian proses belajar mengajar oleh guru
b. Penilaian hasil belajar (tes lisan/ tertulis berbentuk Esay)
2. Alat Penilaian (Soal terlampir)
Banjarnegara, 14 Juli 2014
Mengetahui, Guru Mata Pelajaran
Kepala SMK Pendidkan Agama Islam
_______________________ | _______________________ |
0 Response to "Pengelolaan Wakaf Dalam Pendidikan Agama Islam"
Post a Comment