RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP- 2.10)
KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SMK Panca Bhakti Banjarnegara
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : XI/ 2
Materi Pokok : Pelaksanaan khutbah, tabligh dan dakwah di masyarakat.
Alokasi Waktu : 4 X 3 Jam Pelajaran ; 4 x Pertemuan
- Kompetensi Inti :
(K1) : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
(K2) : Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro- aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
(K3) :Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
(K4) :Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar
- Memahami pelaksanaan khutbah, tabligh dan dakwah.
- Mempraktikkan khutbah, tabligh, dan dakwah
Indikator
- Mampu Memahami pelaksanaan khutbah, tabligh dan dakwah.
- Mampu Mempraktikkan khutbah, tabligh, dan dakwah
- Materi Pembelajaran
Khutbah, tabligh dan dakwah
- Materi Fakta (sesuatu yang dapat diindera)
- Menyimak bacaan al-Qur’an yang terkait dengan pelaksanaan khutbah, tabligh dan dakwah di masyarakat dalam Islam secara individu maupun kelompok.
- Mencermati ketentuan dan tata cara pelaksanaan khutbah, tabligh dan dakwah di masyarakath
- Materi Konsep (gabungan antar fakta yang saling berhubungan)
- ketentuan dan tata cara pelaksanaan khutbah, tabligh dan dakwah di masyarakat
- Diskusi mengenai hikmah pelaksanaan khutbah, tabligh dan dakwah di masyarakat
- Materi Prinsip (generalisasi hubungan antar konsep-konsep yang berkaitan: hukum, teori, azas)
- ketentuan Rukun khutbah, tabligh dan dakwah di masyarakat
- ketentuan syarat khutbah, tabligh dan dakwah di masyarakat
- ketentuan sunnah khutbah, tabligh dan dakwah di masyarakat
- Diskusi mengenai hikmah pelaksanaan khutbah, tabligh dan dakwah di masyarakat
- Materi Prosedur (sederetan langkah yang sistematis dalam menerapkan prinsip)
- ketentuan ketentuan penyelenggaraan khutbah, tabligh dan dakwah di masyarakat
- tata cara pelaksanaan khutbah, tabligh dan dakwah di masyarakat
D. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasiwaktu
|
Pendahuluan
|
|
10 menit
|
Inti
|
Menunjukkan sikap menghargai dan menghormati pelaksanaan khutbah, tabligh dan dakwah di masyarakat
|
70 menit
|
Penutup
|
|
10 menit
|
E. Alat (Bahan)
Alat / Bahan : Al Qur’an
Power point, Video, LCD, Laptop
F. Sumber Belajar :
- Buku PAI Kls XI Kemdikbud
- Al-Quran dan Al-Hadits
- Buku tajwid
- Kitab tafsir Al-Qur’an
- Buku lain yang menunjang
- Multimedia interaktif dan Internet
G. Penilaian
1. Prosedur :
a. Penilaian proses belajar mengajar oleh guru
b. Penilaian hasil belajar (tes lisan/ tertulis berbentuk Esay)
2. Alat Penilaian (Soal terlampir)
Banjarnegara, 14 Juli 2014
Mengetahui, Guru Mata Pelajaran
Kepala SMK Pendidkan Agama Islam
………………………….. ……………………………..
NIP.
|
NIY.
|
0 Response to "Pelaksanaan Khutbah, tabligh dan dakwah di masyarakat"
Post a Comment