Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )
Nama Sekolah : SMK PANCA BHAKTI BANJARNEGARA
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas : X (sepuluh)
Materi : Iman pada Malaikat
Alokasi Waktu : 3 x 45 menit
Pertemuan : Pertama
A. Kompetensi Inti (KI)
B. Kompetensi Dasar dan Indikator:
NO. | KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI |
1 | 3.4 Memahami makna beriman kepada malaikat-malaikat Allah SWT. | 3.4.1. Menjelaskan tentang iman kepada malaikat melalui tayangan video interaktif. 3.4.2. Menyebutkan prilaku beriman kepada malaikat |
2 | 4.4 Berperilaku yang mencerminkan kesadaran beriman kepada Malaikat-malaikat Allah SWT | 4.4.1. Menunjukkan contoh perilaku beriman kepada malaikat-malaikat Allah SWT |
C. Materi Pembelajara
- Iman kepada Malaikat mengandung makna bahwa kita harus percaya dan yakin dengan sepenuh hati bahwa Malaikat diciptakan dari cahaya (nur) yang diberi tugas oleh Allah danmelaksanakan tugas-tugas tersebut sebagaimana perintah-Nya. Indikator dari orang beriman adalah memiliki keyakinan yang kuat dalam hatinya bahwa dialam semesta ini terdapat Malaikat dan keyakinan tersebut diucapkan melalui lisannya. Wujud kongkrit dari iman tersebut adalah dibuktikan seorang muslim dalam perbuatan sehari-harinya.
- Iman kepada Malaikat ini memiliki landasan (dalil) dalam pengambilan hukumnya. Di antara dalil yang menunjukkan adanya kewajiban iman kepada Malaikat antara lain : QS. Al-Baqarah ayat 285
z`tB#uä ãAqߧ9$# !$yJÎ/ tAÌRé& Ïmøs9Î) `ÏB ¾ÏmÎn/§ tbqãZÏB÷sßJø9$#ur 4 <@ä. z`tB#uä «!$$Î/ ¾ÏmÏFs3Í´¯»n=tBur ¾ÏmÎ7çFä.ur
¾Ï&Î#ßâur w ä-ÌhxÿçR ú÷üt/ 7ymr& `ÏiB ¾Ï&Î#ß 4 (#qä9$s%ur $uZ÷èÏJy $oY÷èsÛr&ur ( y7tR#tøÿäî $oY/u øs9Î)ur çÅÁyJø9$#
Artinya : ”Rasul telah beriman kepada Al Quran yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian pula orang-orang yang beriman. semuanya beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya. (mereka mengatakan): "Kami tidak membeda-bedakan antara seseorangpun (dengan yang lain) dari rasul-rasul-Nya", dan mereka mengatakan: "Kami dengar dan Kami taat." (mereka berdoa): "Ampunilah Kami Ya Tuhan Kami dan kepada Engkaulah tempat kembali."
- Malaikat bersifat abstrak dan immaterial. Jumlah malaikat tidak terbatas, tetapi yang wajib diimani berjumlah 10
- Iman kepada malaikat memiliki hikmah diantaranya meningkatkan iman dan Taqwa kepada Allah, mendorong manusia untuk hati-hati dan meningkatkan amal serta menghindarkan diri dari sifat tercela.
- Seorang yang beriman kepada malaikat senantiasa menghadirkannya dalam kehidupannya sehari-hari.
- Hikmah Iman kepada Malaikat diantaranya :
- Mengetahui keagungan Allah SWT, kekuatan, dan kekuasaan-Nya
- Syukur kepada Allah SWT atas perhatian-Nya kepada manusia sehingga menugaskan malaikat untuk mencatat amal.
- Manusia adalah makhluk ciptaan Allah SWT yang paling mulia dibanding makhluk lainya termasuk para malaikat, namun ibadah dan kesyukuran yang ditampilkan manusia tidak sebanding dengan ibadah dan kesyukuran yang ditunjukkan oleh para malaikat. Dengan iman kepada para malaikat dan mengenali mereka secara benar, manusia sadar akan kelemahan dan kedurhakaanya kepada Allah SWT.
- Menumbuhkan cinta kepada amal shaleh karena malaikat selalu siap mencatat amal manusia.
- Untuk menambah ketakwaan kepada Allah SWT, sebab segala perbuatan dan tindak-tanduk yang dilakukan manusia tidak luput dari pengamatan Allah
D. Media Pembelajaran
Multimedia interaktif
E. Sumber Belajar
1. Tafsir al-Qur’an dan buku-buku hadits
2. Kitab asbabunnuzul dan asbabul wurud
3. kitab pegangan siswa PAI SMA kelas X
4. Buku lain yang memadai
F. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
No. | Kegiatan | Waktu |
1. | Pendahuluan · Membuka pembelajaran dengan dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh salah seorang peserta didik dengan penuh khidmat; · Memulai pembelajaran dengan melafalkan al-Qur’an surah pendek pilihan dengan lancar dan benar (nama surat sesuai dengan program pembiasaan yang ditentukan sebelumnya). · Memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadirandan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran. · Mengajukan pertanyaan secara komunikatif berkaitan dengan materi iman kepada malaikat. · Menyampaikan kompetensi inti, dan kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai, yaitu peserta didik dapat menunjukkan prilaku beriman kepada malaikat.. · Memotivasi siswa, mengajukan pertanyaan tentang mengapa harus beriman kepada malaikat? · Apersepsi, mengajukan pertanyaan berhubungan dengan materi yang aa? Akan dibahas. | 20 menit |
2. | Kegiatan Inti a. Mengamati · Mencermati bacaan teks tentang makna dan contoh perilaku beriman kepada malaikat-malaikat Allah SWT · Meyimak penjelasan iman kepada malaikat melalui tayangan vidio interaktif atau media lainnya. · Mencermati manfaat dan hikmah beriman kepada Malaikat melalui tayangan video atau media pembelajaran lainnya b. Menanya · Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan mengapa kita harus beriman kepada malaikat? · Mengajukan pertanyaan Apa yang harus dilakukan oleh orang yang beriman kepada malaikat? · Mengajukan pertanyaan tentang manfaat dan hikmah beriman kepada malaikat c. Mengeksperimen/Mengexplorasi · Peserta didik mendiskusikan makna dan contoh perilaku beriman kepada Malaikat. · Mengidentifikasi ayat dan hadits yang berhubungan dengan Malaikat dan tugasnya; · Menganalisis manfaat dan hikmah beriman kepada Malaikat · Guru mengamati perilaku beriman kepada Malaikat melalui lembar pengamatan di sekolah. · Guru berkolaborasi dengan orang tua untuk mengamati perilaku beriman kepada Malaikat di rumah d. Asosiasi
· Guru berkolaborasi dengan orang tua untuk mengamati perilaku beriman kepada Malaikat di rumah e. Komunikasi. · Mempresentasikan /menyampaikan hasil diskusi tentang beriman kepada malaikat-malaikat Allah SWT | 110 menit |
3. | Penutup a. Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan siswa dari kegiatan yang telah dilakukan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah-langkah selanjutnya. b. Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas, baik cara individu maupun kelompok bagi peserta didik yang menguasai materi. c. Menyiapkan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya. d. Menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doa; e. Mengucapkan salam kepada para peserta didik sebelum keluar kelas dan peserta didik menjawab salam. | 10 menit |
G. Penilaian Hasil Belajar
1. Non Tes
Tugas
· Mengumpulkan data (gambar, berita, artikel tentang perilaku yang mencerminkan kesadaran beriman kepada Malaikat-malaikat Allah SWT
Observasi
· Peserta didik melakukan pengamatan terhadap perilaku menghayati nilai-nilai keimanan kepadaMalaikat-malaikat Allah SWT melalui lembar pengamatan di lingkungan sekolah, rumah maupun masyarakat.
Portofolio
· Melaporkan hasil obervasi berupa paparan tentang makna beriman kepada malaikat;
· Membuat paparan analisis tentang perilaku orang-orang yang beriman kepada malaikat.
2. Tes
- Tes Tulis
- Tes kemampuan kognitif dengan menjawab uraian tentang iman kepada malaikat’
Lembar Penilaian
No. | Butir – butir Soal | Kunci Jawaban |
1. | Jelaskan Pengertian iman kepada malaikat | Meyakini dengan sepenuh hati bahwa malaikat adalah mahluk Allah yang selalu taat kepada-Nya |
2. | Sebutkan 2 nama malaikat dan tugasnya! | Malaikat Jibril: menyampaikan wahyu Malaikat Mikail : Menurunkan rizki/mengatur hujan |
3 | Tuliskan satu ayat al Qur,an yang berkenaan dengan Iman kepada Malaikat. | QS. At-Tahrim {66}: 6 , |
4 | Berikan satu contoh perilaku yang mencerminkan iman kepada malaikat | Berhati-hati dalam berperilaku |
5 | Jelaskan manfaat dan hikmah iman kepada Malaikat | Terhindar dari dari perbuatan tercela |
- Tes lisan
· Mempresantasikan hasil diskusi
· Memaparkan hasil pengamatan tentang perilaku orang-orang yang beriman kepada malaikat
Lembar Penilaian
No. | Nama Peserta didik | Kemampuan Mempresentasikan | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | ||
1 | Amar | |||||
2 | Amir | |||||
2 | Umar | |||||
4 | Usman | |||||
Dst | Dst.......................... |
Keterangan : Skor Tes lisan :
· Mempresentasikan sangat baik = 80 – 90 = A
· Mempresentasikan baik = 70 – 79 = B
· Mempresentasikan kurang baik = 60 – 69 = C
· Mempresentasikan tidak lancar = 50 – 59 = D
· Tidak dapat mempresentasikan = kurang dari 50 = E
1. Non Tes
- Tugas (mengidentifikasi manfaat dan hikmah perilaku Iman kepada Malaikat
- Observasi (mengamati perilaku Iman kepada Malaikat
- Potofolio (tugas dan observasi dikerjakan di lembar kerja dan diserahkan kepada pendidik)
Banjarnegara, Juli 2014
Mengetahui
Kepala SMK Panca Bhakti Banjarnegara Guru Mata Pelajaran
Agus Supartono, SH,ST,M.M. M. Usman Fauzi, S.Ag.
NIY. 850014 NIY. 990060
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )
Nama Sekolah : SMK Panca Bhakti Banjarnegara
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas : X (sepuluh)
Alokasi Waktu : 3 x 45 menit
Pertemuan : Kedua
A. Kompetensi Inti :
(KI-1) Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya;
(KI-2) Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia;
(KI-3) Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah;
(KI-4) Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar
4.1.1 Membaca Q.S. al-Anfal (8): 72; Q.S. al-Hujurat (49): 12; dan Q.S. al-Hujurat (49): 10 sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf.
C. Materi Ajar (Materi Pokok)
Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat (49): 10
D. Metode Pembelajaran:
2. Ceramah,
3. Diskusi,
4. Tanya jawab, dan
5. Praktik
E. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik diharapkan mampu:
1. Membaca Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat (49): 10; serta hadits tenkait;
2. Mengidentifikasi hukum bacaan tajwid yang terdapat pada Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat (49): 10.
F. Strategi Pembelajaran
Tatap muka | Mandiri terstruktur | Mandiri tidak terstruktur |
· Peserta didik mencermati bacaan Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat (49): 10 · Peserta didik menanyakan cara membaca kata/kalimat pada Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat (49): 10; · Peserta didik mengidentifikasi hukum bacaan yang terdapat pada Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat (49): 10. · Peserta didik membuat kesimpulan tentang cara membaca dan hukum bacaan tajwid pada Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat (49): 10; · Peserta didik mempraktikan bacaan Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat (49): 10 secara individu dan bersama-sama. | · Peserta didik membuat contoh bacaan tajwid yang terdapat pada Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat (49): 10 dengan memberikan alasannya. | · Peserta didik membiasakan membaca al- Qur’an dengan tartil; · Peserta didik membiasakan mengidentifikasi hukum bacaan ayat-ayat al-Quran yang dibacanya; · Peserta didik membiasakan menghafal Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat (49): 10. |
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoa bersama.
b. Peserta didik menyiapkan kitab suci al-Qur’an
c. Secara bersama bertadarus al-Qur’an (selama 5-10 menit)
d. Menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar serta indikator yang akan dicapai.
e. Menanyakan materi yang pernah diajarkan (Appersepsi)
2. Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, pendidik dan para peserta didik melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut.
a. Mengamati
- Menyimak dan mencermati bacaan Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat (49): 10 serta hadits terkait melalui tayangan video atau media pembelajaran lainnya.
b. Menanya
- Menanyakan tentang cara membaca Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat (49): 10,
- Menanyakan cara membaca Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat (49): 10, serta hadits terkait.
c. Mengumpulkan data/eksplorasi
- Mendiskusikan cara-cara membaca Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat (49): 10 serta hadits terkait;
- Mengidentifikasi hukum bacan pada Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat (49): 10 serta hadits terkait.
d. Mengasosiasi
- Membuat kesimpulan tentang cara membaca Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat (49): 10 serta hadits terkait.
e. Mengkomunikasikan:
- Mempraktikkan cara membaca Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat(49): 10 serta hadits terkait secara individu maupun kelompok;
- Menyampaikan hasil diskusi tentang cara membaca Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat (49): 10 serta hadits terkait.
3. Kegiatan Akhir (Penutup)
a. Pendidik meminta agar para peserta didik sekali lagi membaca Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat (49): 10 sebagai penutup materi pembelajaran;
b. Pendidik meminta agar para peserta didik membiasakan membaca Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat(49): 10;
c. Pendidik menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doa;
d. Pendidik mengucapkan salam kepada para peserta didik sebelum keluar kelas dan peserta didik menjawab salam.
G. Penilaian
1. Tes (tulis dan lisan)
2. Non tes (tugas, observasi, dan portofolio)
H. Bahan/Sumber Belajar
1. Al-Qur’an dan buku-buku hadits
2. Kitab tajwid
3. Buku pegangan siswa PAI SMA kelas X
4. Buku lain yang memadai
I. Lembar Penilaian
1. Tes
- Tes Tulis
No. | Butir-butir Soal | Kunci Jawaban |
1. | Tulislah Q.S. al-Anfal (8): 72 ! | ¨bÎ) z`Ï%©!# #qãZtB#uä #rãy_$ydur (#rßyg»y_ur óOÎgÏ9ºuqøBr'Î/ öNÍkŦàÿRr&ur Îû È@Î6y «!# tûïÏ%©!#ur #rur#uä (#ÿrç|ÇtR¨r y7Í´¯»s9'ré& öNåkÝÕ÷èt/ âä!$uÏ9÷rr& <Ù÷èt/ 4 tûïÏ%©!#ur #qãZtB#uä öNs9ur #rãÅ_$pkç $tB /ä3s9 `ÏiB NÍkÉJu»s9ur `ÏiB >äóÓx« 4Ó®Lym (#rãÅ_$pkç 4 ÈbÎ)ur öNä.rç|ÇZoKó# Îû ÈûïÏd9# ãNà6øn=yèsù çóǨZ9# wÎ) 4n?tã ¤Qöqs% öNä3oY÷t/ NæhuZ÷t/ur ×,»sVÏiB 3 ª!#ur $yJÎ/ tbqè=yJ÷ès? ×ÅÁt/ |
2. | Tulislah Q.S. al-Hujurat (49): 12 ! | $pkr'¯»t tûïÏ%©!# (#qãZtB#uä (#qç7Ï^tGô_# #ZÏWx. z`ÏiB Çd`©à9# cÎ) uÙ÷èt/ Çd`©à9# ÒOøOÎ) ( wur #qÝ¡¡¡pgrB wur =tGøót Nä3àÒ÷è/ $³Ò÷èt/ 4 =Ïtär& óOà2ßtnr& br& @à2ù't zNóss9 ÏmÅzr& $\GøtB çnqßJçF÷dÌs3sù 4 (#qà)¨?#ur ©!# 4 ¨bÎ) ©!# Ò>#§qs? ×LìÏm§ ÇÊËÈ |
3. | Tulislah Q.S. Al-Hujurat (49): 10 ! | $yJ¯RÎ) tbqãZÏB÷sßJø9# ×ouq÷zÎ) (#qßsÎ=ô¹r'sù tû÷üt/ ö/ä3÷uqyzr& 4 (#qà)¨?#ur ©!$# ÷/ä3ª=yès9 tbqçHxqöè? ÇÊÉÈ |
4. | Lengkapi kalimat belrikut ini ! $yJ¯RÎ) tbqãZÏB÷sßJø9# .......... (#qßsÎ=ô¹r'sù tû÷üt/ ö/ä3÷uqyzr& | ×ouq÷zÎ) |
5. | Tunjukkan bacaan tajwid pada kata yang bergaris bawah berikut ini ! ×ouq÷zÎ) #qßsÎ=ô¹r'sù tû÷üt/ ö/ä3÷uqyzr& | Mad asli karena ada tanda baca domah berhadapan dengan waw mati |
- Tes Lisan
No. | Nama Peserta didik | Kemampuan Membaca | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | ||
1. 1 | Amar | |||||
2. 2 | Amir | |||||
3. 3 | Umar | |||||
Dst | Dst.......................... |
Keterangan : Skor Tes Perbuatan :
· Membaca lancar dan baik = 80 – 90 = A
· Membaca lancar kurang baik = 70 – 79 = B
· Membaca terbata-bata = 60 – 69 = C
· Membaca terbata-bata dibantu pendidik = 50 – 59 = D
· Tidak dapat membaca = kurang dari 50 = E
2. Non Tes
- Tugas (menyalin Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat (49): 10);
- Observasi (mengamati dan mengidentifikasi hukum bacaan tajwid yang ada pada Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat (49): 10 dengan memberi tanda dan menjelaskannya)
- Potofolio (tugas dan observasi dikerjakan di lembar kerja dan diserahkan kepada pendidik)
Mengetahui Kepala Sekolah Agus Supartono, SH,ST,MM NIY. 850014 | Banjarnegara, Juni 2014 Pendidik Bidang Studi M. Usman Fauzi, S.Ag. NIY. 990060 |
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )
Nama Sekolah : SMK PANCA BHAKTI BANJAREGARA
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas : X (sepuluh)
Alokasi Waktu : 3 x 45 menit
Pertemuan : Ketiga
A. Kompetensi Inti :
(KI-1) Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya;
(KI-2) Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia;
(KI-3) Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah;
(KI-4) Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar
4.1.2 Mendemonstrasikan hafalan Q.S. al-Anfal (8): 72; Q.S. al-Hujurat (49): 12; dan Q.S. al-Hujurat (49): 10, dengan lancar.
C. Materi Ajar (Materi Pokok)
Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat (49): 10
D. Metode Pembelajaran:
1. Ceramah,
2. Diskusi,
3. Tanya jawab, dan
4. Praktik
E. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik diharapkan mampu:
1. Menghafal Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat (49): 10; serta hadits tenkait dengan benar.
F. Strategi Pembelajaran
Tatap muka | Mandiri terstruktur | Mandiri tidak terstruktur |
· Peserta didik mencermati bacaan Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat (49): 10 · Peserta didik menanyakan cara membaca kata/kalimat pada Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat (49): 10; · Peserta didik mengidentifikasi hukum bacaan yang terdapat pada Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat (49): 10. · Peserta didik membuat kesimpulan tentang cara membaca dan hukum bacaan tajwid pada Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat (49): 10; · Peserta didik mempraktikan hafalan Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat (49): 10 secara individu dan bersama-sama. | · Peserta didik menulis Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat (49): 10 dengan menggunakan translitasi al-Qur’an dengan hafalan. | · Peserta didik membiasakan membaca al- Qur’an dengan tartil; · Peserta didik membiasakan mengidentifikasi hukum bacaan dan isi kandungan ayat-ayat al-Quran yang dibacanya; · Peserta didik membiasakan menghafal Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat (49): 10. |
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoa bersama.
b. Peserta didik menyiapkan kitab suci al-Qur’an
c. Secara bersama bertadarus al-Qur’an (selama 5-10 menit)
d. Menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar serta indikator yang akan dicapai.
e. Menanyakan materi yang pernah diajarkan (Appersepsi)
2. Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, pendidik dan para peserta didik melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut.
a. Mengamati
- Menyimak dan mencermati bacaan Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat (49): 10 serta hadits terkait melalui tayangan video atau media pembelajaran lainnya.
b. Menanya
- Menanyakan tentang cara membaca Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat (49): 10,
- Menanyakan cara membaca Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat (49): 10, serta hadits terkait.
c. Mengumpulkan data/eksplorasi
- Mendiskusikan cara-cara membaca Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat (49): 10 serta hadits terkait;
- Mengidentifikasi hukum bacan pada Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat (49): 10 serta hadits terkait.
d. Mengasosiasi
- Membuat kesimpulan tentang cara membaca Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat (49): 10 serta hadits terkait.
e. Mengkomunikasikan:
- Mempraktikkan hafalan Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat (49): 10 serta hadits terkait secara individu maupun kelompok;
3. Kegiatan Akhir (Penutup)
a. Pendidik meminta agar para peserta didik sekali lagi membaca Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat (49): 10 dengan hafan sebagai penutup materi pembelajaran;
b. Pendidik meminta agar para peserta didik membiasakan membaca Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat(49): 10;
c. Pendidik menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doa;
d. Pendidik mengucapkan salam kepada para peserta didik sebelum keluar kelas dan peserta didik menjawab salam.
G. Penilaian
1. Tes (tulis dan lisan)
H. Bahan/Sumber Belajar
1. Al-Qur’an dan buku-buku hadits
2. Kitab tajwid
3. Buku pegangan siswa PAI SMA kelas X
4. Buku lain yang memadai
I. Lembar Penilaian
1. Tes Tertulis
No. | Butir-butir Soal | Kunci Jawaban |
1. | Tulislah Q.S. al-Anfal (8): 72 ! | ¨bÎ) z`Ï%©!# #qãZtB#uä #rãy_$ydur (#rßyg»y_ur óOÎgÏ9ºuqøBr'Î/ öNÍkŦàÿRr&ur Îû È@Î6y «!# tûïÏ%©!#ur #rur#uä (#ÿrç|ÇtR¨r y7Í´¯»s9'ré& öNåkÝÕ÷èt/ âä!$uÏ9÷rr& <Ù÷èt/ 4 tûïÏ%©!#ur #qãZtB#uä öNs9ur #rãÅ_$pkç $tB /ä3s9 `ÏiB NÍkÉJu»s9ur `ÏiB >äóÓx« 4Ó®Lym (#rãÅ_$pkç 4 ÈbÎ)ur öNä.rç|ÇZoKó# Îû ÈûïÏd9# ãNà6øn=yèsù çóǨZ9# wÎ) 4n?tã ¤Qöqs% öNä3oY÷t/ NæhuZ÷t/ur ×,»sVÏiB 3 ª!#ur $yJÎ/ tbqè=yJ÷ès? ×ÅÁt/ |
2. | Tulislah Q.S. al-Hujurat (49): 12 ! | $pkr'¯»t tûïÏ%©!# (#qãZtB#uä (#qç7Ï^tGô_# #ZÏWx. z`ÏiB Çd`©à9# cÎ) uÙ÷èt/ Çd`©à9# ÒOøOÎ) ( wur #qÝ¡¡¡pgrB wur =tGøót Nä3àÒ÷è/ $³Ò÷èt/ 4 =Ïtär& óOà2ßtnr& br& @à2ù't zNóss9 ÏmÅzr& $\GøtB çnqßJçF÷dÌs3sù 4 (#qà)¨?#ur ©!# 4 ¨bÎ) ©!# Ò>#§qs? ×LìÏm§ ÇÊËÈ |
3. | Tulislah Q.S al-Hujurat (49): 10 ! | $yJ¯RÎ) tbqãZÏB÷sßJø9# ×ouq÷zÎ) (#qßsÎ=ô¹r'sù tû÷üt/ ö/ä3÷uqyzr& 4 (#qà)¨?#ur ©!$# ÷/ä3ª=yès9 tbqçHxqöè? ÇÊÉÈ |
2. Tes Lisan (hafalan)
No. | Nama Peserta didik | Kemampuan Menghafal | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | ||
4. 1 | Amar | |||||
5. 2 | Amir | |||||
6. 3 | Umar | |||||
Dst | Dst.......................... |
Keterangan : Skor Tes Perbuatan :
· Menghafal sangat lancar = 80 – 90 = A
· Menghafal lancar = 70 – 79 = B
· Menghafal terbata-bata = 60 – 69 = C
· Menghafal terbata-bata dibantu pendidik = 50 – 59 = D
· Tidak dapat menghafal = kurang dari 50 = E
Mengetahui Kepala Sekolah Agus Supartono, SH,ST,MM NIY. 850014 | Banjarnegara, Juni 2014 Pendidik Bidang Studi M. Usman Fauzi, S.Ag. NIY. 990060 |
0 Response to "Iman pada Malaikat"
Post a Comment